Ibu Muda Ditemukan Tewas Terseret Sungai Ciandum Tasik

Ibu Muda Ditemukan Tewas Terseret Sungai Ciandum Tasik

Tim SAR bersama warga evakuasi perempuan tewas tenggelam di Sungai Ciandum Tasikmalaya. (foto - SAR Tasikmalaya)

Tasikmalaya  -  Seorang  ibu  muda  bernama  Tiani  (20),  warga  Kampung  Singkur  Desa  Nagrog  Kecamatan  Cipatujah  Kabupaten Tasikmalaya meninggal setelah tubuhnya tenggelam terseret arus Sungai Ciandum Tasikmalaya, Sabtu (12/12/2020).

Jasad korban ditemukan sejauh 500 meter dari lokasi kejadian awal sekitar pukul 10.30 WIB. Tim search and rescue (SAR) gabungan langsung mengevakuasi jasad korban lalu dibawa untuk diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan.

Berdasarkan keterangan Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung Deden Ridwansah, Kantor SAR Bandung menerima informasi peristiwa nahas yang menimpa korban Tiani dari Jembar, anggota Tagana Kabupaten Tasikmalaya sekitar pukul 05.50 WIB.

Tim dari Pos SAR Tasikmalaya meluncur ke lokasi dengan peralatan rescue car, SAR Air, alat komunikasi dan medis. Tim tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 09.30 WIB. Dari laporan yang diterima, korban Tiani tenggelam dan terseret arus sungai, pada Jumat 11 Desember sekitar pukul 16.30 WIB.

Deden menjelaskan, saat kejadian korban bersama suami dan adiknya hendak pulang dari kebun. Alur jalan pulang memaksa ketiganya menyeberangi anak Sungai Ciogong, yang saat itu debit airnya tengah naik akibat hujan deras di wilayah itu.

"Ketiganya menyeberangi sungai dengan saling berpegangan tangan. Nahas, tangan korban lepas dari genggaman suaminya, sehingga korban Tiani terbawa arus sungai," tegas Deden.

Tim SAR gabungan lanjut Deden, lalu melakukan pencarian dengan menyisir Sungai Ciandum. Upaya tersebut berhasil, korban ditemukan dalam keadaan tak bernyawa sekitar pukul 10.30 WIB.

"Korban ditemukan dalam keadaan meninggal sejauh 500 meter dari lokasi kejadian awal. Korban dibawa ke rumah duka dan diserahkan kepada keluarganya," katanya. Dengan telah ditemukannya korban Tiani, operasi SAR pun ditutup dan seluruh unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing masing.

"Unsur SAR terlibat antara lain Pos SAR Tasikmalaya, Polsek Cipatujah, Koramil Cipatujah, Tagana Kabupaten Tasikmalaya, BPBD Kabupaten Tasikmalaya, RPB Cipatujah dan masyarakat sekitar," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,