Gadis Magelang Jadi Objek Foto Bugil, Polisi Tangkap 3 Orang

Gadis Magelang Jadi Objek Foto Bugil, Polisi Tangkap 3 Orang

Polisi periksa tersangka SA di Polres Magelang. (foto - ist)

Magelang - Tiga remaja Magelang ditangkap polisi terkait kasus penyebaran konten asusila lewat ponsel. Ketiganya ditangkap lantaran menyebarkan foto syur (setengah bugil) pacar temannya di media sosial.

Ketiga pelaku yakni SA (19) warga Kajoran, AP (17) warga Kajoran dan seorang pelajar perempuan TA (16). Saat ini SA sudah ditahan, sedangkan dua pelaku lainnya tidak ditahan karena masih di bawah umur.

"Kami menindaklanjuti laporan dari orangtua korban, anaknya jadi korban penyebaran foto asusila," kata Kasat Reskrim Polres Magelang AKP Hadi Handoko dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/12/2020).

Kasus itu bermula saat AP meminjam ponsel milik pacar korban EY. Saat membuka ponsel, AP temukan foto asusila korban dan langsung mengirimnya ke ponsel miliknya, dan mengirimkan foto asusila itu kepada korban.

"Modus operandi awalnya tersangka AP meminjam HP milik pacar korban berinisial SL. Saat tahu ada foto korban yang bermuatan asusila, AP lalu mengirimkan ke HP miliknya. Tersangka AP, lalu mengirim foto korban yang bermuatan asusila itu ke HP korban EY," katanya.

Hadi menyatakan, tersangka AP lalu menjual ponselnya kepada tersangka SA yang merupakan tetangga di desanya. Foto itu sampai di tangan TA yang lalu mengirimkan foto setengah bugil itu kepada korban.

"EY yang merasa malu menyampaikan kepada orangtuanya," katanya. Dalam kasus itu lanjut Hadi, pihaknya telah menyita sejumlah barang bukti milik pelaku. Antara lain ponsel hingga tangkapan layar foto setengah bugil korban. "HP milik ketiga pelaku dan print out screenshot dokumen elektronik (foto) kami sita untuk pembuktian," tegasnya.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku dijerat dengan Pasal 45 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dengan ancaman hukuman paling lama 6 tahun penjara pidana.

"Saat ini pelaku SA kami lakukan penahanan di Rumah Tahanan Polres Magelang. Sementara dua pelaku lainnya karena masih di bawah umur tidak ditahan, dan tetap dalam proses penyidikan," katanya. (Jr.)**

.

Tags:,