Jalur Geopark Ciletuh Sukabumi Amblas Puluhan Meter

Jalur Geopark Ciletuh Sukabumi Amblas Puluhan Meter

Jalan amblas di jalur Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi. (foto- ist)

Sukabumi - Pergerakan tanah melanda wilayah Kecamatan Ciemas yang membuat jalur jalan menuju Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi retak-retak hingga amblas sepanjang puluhan meter.

Menurut Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (KSPPJJ) 4 Bina Marga Jabar Entis Sutisna, jalan retak dan amblas akibat terjadi pergerakan tanah, tepatnya di Jalan Raya Waluran - Mareleng - Palangpang di Kampung Pasirbunut.

Pergerakan tanah itu pun terjadi di tanjakan Cipeucang Desa Mekarsakti Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. Pergerakan tanah terjadi pada Jumat 1 Januari 2021, saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

"Sedikitnya ada dua titik terjadi pergerakan tanah akibat hujan deras sore kemarin. Untuk di tanjakan Cipeucang sedang ditangani," kata Entis, Sabtu (2/1/2021).

Disebutkan, pihaknya masih melakukan perbaikan terhadap jalan amblas akibat pergerakan tanah tersebut. "Sedang dilakukan penanganan, sementara dengan cara dikeruk lapisan aspalnya lalu diuruk dan dipadatkan, serta normalisasi saluran".

Ia menyebutkan, jalan amblas dan retak itu terjadi sepanjang sekitar 30 meter, dengan kedalaman sekitar 30 sentimeter. "Akibat amblas mengakibatkan retakan jalan setengah badan jalan sekitar 30 meter dengan kedalaman 30 cm," tegas Entis.

Sejauh ini, kondisi jalan raya yang amblas dan retak masih bisa dilalui kendaraan, karena hanya sebagian badan jalan yang mengalami retak dan amblas.

Sementara itu, untuk menghindari terjadinya kecelakaan, pihak Bina Marga telah memasang rambu-rambu agar pengendara berhati-hati. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,