Pembunuhan Delis Dinilai Kasus yang Paling Sita Perhatian

Pembunuhan Delis Dinilai Kasus yang Paling Sita Perhatian

Salah satu adegan reka ulang kasus pembunuhan Delis di Tasikmalaya beberapa waktu lalu. (foto - ist)

Tasikmalaya  -  Tak  dipungkiri  penemuan  jasad  Delis  Sulistina  (14),  seorang  siswi  SMP  Negeri  6  Kota  Tasikmalaya menggegerkan warga kawasan Jalan Cilembang Tasikmalaya, pada Senin 27 Januari 2020 pagi.

Jasad Delis itu pun ditemukan warga terselip di dalam gorong-gorong selokan depan sekolahnya sendiri. Pihak kepolisian terpaksa membongkar bagian atas gorong-gorong, untuk bisa mengangkat (mengevakuasi) jasad korban.

Setelah sekitar sebulan melakukan penyelidikan, Satreskrim Polresta Tasikmalaya akhirnya berhasil menangkap pelaku. Tak dinyana, pelaku tidak lain adalah ayah kandungnya korban sendiri berinisial BM (45).

Terungkap juga, pelaku BM merasa kesal terhadap anaknya (Delis) yang terus merengek minta uang sebesar Rp 400.000 untuk studi tur. Akhirnya BM pun tega mencekik darah dagingnya sendiri hingga tewas.

Berdasarkan keterangan Kapolresta Tasikmalaya AKBP Doni Hermawan, kasus Delis merupakan kasus tindak pidana yang paling menonjol sepanjang tahun 2020 khususnya di wilayah Tasikmalaya.

"Sedikitnya ada lima kasus tindak pidana yang cukup menonjol. Sedangkan kasus Delis yang banyak menyita perhatian publik, sehingga bisa dibilang kasus yang paling menonjol," kata Doni di Mapolresta, Sabtu (2/1/2021).

Sementara kasus menonjol lainnya, yakni kasus pencurian dan kekerasan (curas), yang menimpa seorang perempuan muda di Kecamatan Indihiang hingga menyebabkan korban tewas.

Sedangkan kasus dugaan ujaran kebencian Deny Siregar terhadap santri di Kota Tasikmalaya, juga masuk dalam daftar kasus yang cukup menonjol.

Kapolesta menambahkan, total tindak pidana yang tercatat sepanjang tahun 2020 mencapai sebanyak 435 kasus. Jumlah itu mengalami kenaikan hingga12 kasus dibandingkan dengan tahun 2019 dengan sebanyak 423 kasus.

"Untuk itu, kami mengimbau warga selalu menjaga keamanan dan ketertiban. Jangan beri celah bagi orang yang akan berbuat kriminal di lingkungan masing-masing," katanya. (Jr.)**

.

Tags:,