Zona Merah Covid-19 di Jabar Bertambah Jadi Enam Daerah

Zona Merah Covid-19 di Jabar Bertambah Jadi Enam Daerah

Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (foto - ant)

Bandung  -  Kasus  positif  Corona   (Covid-19)  di  wilayah  Jabar  belum  menunjukkan  gejala  penurunan.  Bahkan,  ada dua daerah baru yang masuk dalam zona merah dari sebelumnya empat daerah yang masuk zona merah.

"Zona risiko di Jabar mencapai enam daerah. Bertambah dua daerah lagi dari pekan lalu," sebut Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Mapolda Jabar Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung, Senin (11/1/2021).

Menurutnya, total saat ini wilayah yang masuk zona merah ada enam daerah. Yakni Kabupaten Karawang, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi serta Kota Depok. Sedangkan sebelumnya zona merah di Jabar empat daerah.

"Karawang sudah lima minggu berturut-turut masuk dalam zona merah," katanya. Meski paling lama masuk dalam zona merah, Emil mengaku sudah memberikan pengamanan sosial atau bantuan penanganan Covid-19 pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang.

"Kita sudah menurunkan tim ke sana mudah-mudahan bisa cepat pulih," tegas Emil. Per minggu ini zona merah ada empat. Tadinya Depok dan Karawang kemudian bertambah Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Tasikmalaya.

Selain membeberkan data sebaran zona merah, Emil mengungkap juga terkait tingkat kepatuhan warga Jabar dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama pemakaian masker.

Dari data yang dihimpun petugas di lapangan, tingkat kepatuhan penggunaan masker paling tinggi adalah Kabupaten Subang dengan 86 persen. "Sedangkan daerah yang paling rendah adalah Kabupaten Pangandaran dengan angka 55,4 persen," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,