Praka Anumerta Roy Vebrianto Dimakamkan di TMP Cikutra

Praka Anumerta Roy Vebrianto Dimakamkan di TMP Cikutra

Suasana haru iringi pemakaman Praka Anumerta Roy Vebrianto di TMP Cikutra Bandung. (foto - ant)

Bandung  -  Setelah   disemayamkan   selama  satu  malam  di  rumah  duka,  jenazah   almarhum  Praka  Anumerta  Roy Vebrianto dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra Bandung, Minggu (24/1/2021) pagi.

Isak tangis serta jatuh pingsan dari pihak keluarga pun mewarnai prosesi pemakaman tersebut. Jenazah almarhum Praka Anumerta Roy Vebrianto tiba di Taman Makam Pahlawan Cikutra sekitar pukul 09.00 WIB.

Dalam prosesi pemakaman isak tangis dari pihak keluarga tak terbendung, setelah jenazah dimasukkan ke liang lahat. Bahkan, ibunda dari almarhum jatuh pingsan saat prosesi pemakaman berlangsung.

Pemakaman anggota Kodam Diponegoro itu juga dihadiri antara lain pejabat Kodam Tiga Siliwangi dan Dandim BS Kota Bandung. Sementara yang bertugas sebagai inspektur upacara pemakaman secara militer, yakni Komandan Dodik Bela Negara Kodam Tiga Siliwangi Letnan Kolonel Tubagus Busyro.

"Ini adalah bentuk penghargaan yang terakhir kepada almarhum dari bangsa dan negara, khususnya dari Tentara Nasional Indonesia atas dharma bakti almarhum selama hidupnya," kata Letkol Inf. Tubagus Busyro.

Atas jasanya kepada negara, almarhum diberikan kenaikan pangkat luar biasa satu tingkat dari pratu menjadi praka. Almarhum Praka Anumerta Roy Vebriyanto meninggal dunia di Kampung Titigi Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya Papua, oleh kelompok kriminal bersenjata usai almarhum menjalankan salat subuh.

Sebelumnya, jenazah anggota Yonif 400/BR, Praka TNI Anumerta Roy Vebrianto tiba di rumah duka di Kompleks Bumi Sari Indah I Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, pada Sabtu malam.

Ayah Praka Roy, Kuspriadi (53) mengatakan, jenazah anaknya dibawa ke rumah duka setelah mendarat di Jakarta usai diterbangkan langsung dari Papua. Jenazah Roy tiba dengan dibawa menggunakan ambulans Komando Garnisun Tetap, pada pukul 20.44 WIB.

Ratusan orang pun hadir ke rumah duka untuk melayat anggota TNI Anumerta yang tewas tertembak KKB itu. Setelah diangkat dari ambulans, peti jenazah Roy yang dibalut bendera merah putih diusung oleh sejumlah anggota TNI hingga ke rumah duka.

Kuspriadi mengatakan, Roy merupakan anak pertamanya dari dua bersaudara, sedangkan adiknya yang bernama Raditya (15) kini masih duduk di bangku sekolah. Di rumah duka tampak berbagai karangan bunga dari sejumlah pejabat TNI maupun Polri.

Mulai dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, dan pejabat aparat daerah lainnya. Kuspriadi sendiri adalah anggota TNI berpangkat Letnan Dua.

Ia saat ini memang mengemban tugas sebagai anggota di wilayah Kodam III Siliwangi. Karier Roy di pasukan Angkatan Darat itu memang mengikuti jejak ayahnya. Setelah lulus sekolah menurut Kuspriadi, anaknya memang tidak ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,