Tiga Wisatawan Terseret Ombak Pantai Jayanti, Dua Selamat

Tiga Wisatawan Terseret Ombak Pantai Jayanti, Dua Selamat

Satu korban hilang terseret ombak Pantai Jayanti belum ditemukan. (foto - ist)

Cianjur - Tiga wisatawan yang tengah berenang terseret ombak Pantai Jayanti Kabupaten Cianjur. Dua orang berhasil diselamatkan temannya sedangkan satu orang lagi masih dalam pencarian, Minggu (24/1/2021).

Kabar seorang wisatawan hilang sampai ke
Tim Rescue Kantor SAR Bandung telah menerima kabar tersebut dari Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur. Informasinya ada orang tenggelam di Dermaga Pelabuhan Jayanti Desa Cidamar Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah mengatakan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak Damkar dan Satpolair Kabupaten Cianjur.

Tim langsung memberangkatkan satu tim rescue pada pukul 10.35 WIB menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian. "Berdasarkan laporan yang diterima, waktu kejadian pada pukul 07.46 WIB pagi," katanya.

Sebelumnya, korban bersama rombongan tiba di pantai Jayanti pada dinihari. Pada pukul 07.09 WIB korban bersama dua rekannya tengah berenang di dekat pelabuhan dan terseret arus. Rekan korban yang bernama Irfan berhasil diselamatkan, namun korban tidak sempat diselamatkan dan terbawa arus pantai," kata Deden.

Korban yang belum ditemukan diketahui bernama Rustana Satriaji (23), warga BLK Kampung Benuk Limbangan Sari Cianjur. Peralatan yang digunakan 1 Unit Rescue Car, 1 Set Palsar air, 1 Set Peralatan Alkom, 1 Set Peralatan Medis dan APD Personal.

Kepala UPTD Tempat Pelelangan Ikan Pantai Jayanti Eli Muslihat mengatakan, petugas sudah menegur wisatawan agar tidak berenang di pantai Jayanti karena ombaknya sedang besar. Namun wisatawan itu tetap saja berenang dan tak mengindahkan imbauan petugas.

Eli mengatakan, dari laporan petugas lapangan, rombongan wisatawan datang ke lokasi pantai Jayanti bersama teman-temannya, dan tiba tengah malam sekitar pukul 00.00 WIB.

Mereka bersama teman-temannya menuju Pantai Cipunage dan tidur di lokasi Pantai Cipunage. Pagi harinya sekitar pukul 06.00 WIB mereka berenang, dan ditegur oleh petugas karena situasi ombak sedang pasang dan mereka sempat naik ke darat.

Menurut Eli, kondisi cuaca di Pantai Jayanti sedang tidak bersahabat karena gelombang ombak tinggi dan air laut pasang disertai angin kencang. "Berbagai imbauan dan larangan sudah kami lakukan, baik memasang papan informasi di pintu masuk juga di setiap penjuru Pantai Jayanti," katanya.

Kapolsek Cidaun AKP Sumardi SH mengatakan, warga Kampung BLK Benuk Desa Limbangansari Cianjur Kota yang tenggelam, akibat terseret ombak pantai Jayanti belum ditemukan. "Anggota kami bersama anggota TNI, Tim SAR, Tagana dibantu warga dan nelayan masih melakukan pencarian korban satu orang lagi yang belum ditemukan, atas nama Rustana Satriaji (23)," katanya. (Jr.)**

 

.

Categories:Daerah,
Tags:,