670 Jamaah WNI tunggu Kepulangan Saat Saudi Tutup akses

670 Jamaah WNI tunggu Kepulangan Saat Saudi Tutup akses

Otoritas Arab Saudi kembali tutup akses masuk warga negara asing. (foto - PTI)

Jakarta  -  Sedikitnya  2.603   jamaah  asal  Indonesia  melaksanakan  ibadah  umrah  sejak  otoritas  Arab  Saudi  membuka penyelenggaraan umrah bagi warga negara di luar Arab Saudi pada 1 November 2020 hingga 2 Februari 2021.

Jamaah tersebut diberangkatkan dari 2 bandara, yakni Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten, dan Juanda Jawa Timur. "Saat ini, ada 670 jamaah Indonesia yang masih berada di Arab Saudi. Mereka masih menjalankan ibadah umrah dan menunggu jadwal kepulangan," kata Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali.

"Selama di Saudi, mereka tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, sesuai kebijakan pemerintah setempat," katanya. Diketahui, selama 4 bulan terakhir hampir 7,5 juta orang menjalani umrah dan salat di Masjidil Haram Mekah.

Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci menyatakan, 1,9 juta orang melakukan umrah dan 5,5 juta orang salat di Masjidil Haram antara 4 Oktober dan 30 Januari. Layanan di Masjidil Haram pun sempat ditangguhkan karena pandemi Covid-19, dan dilanjutkan lagi sejak 4 Oktober.

Sebelumnya, Direktur Departemen Umum untuk Keramaian dan Promosi di Presidensi Osama Al-Hujaili mengatakan, otoritas telah mencurahkan semua energinya untuk melayani para peziarah dan menyediakan lingkungan yang aman dan sehat bagi mereka.

Menurutnya, saat umrah kembali dilaksanakan secara bertahap sudah diberlakukan kewaspadaan kesehatan dan penambahan jalur, sehingga jamaah dan jamaah dapat menjaga jarak sosial aman yang direkomendasikan.

Ketika fase ketiga dimulai pada 1 November, Al-Hujaili mengatakan jalur tambahan dibuat di dekat Kabah untuk digunakan oleh para lansia dan penyandang disabilitas. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,