Dortmund Juara Grup D

Dortmund Juara Grup D

ilustrasi

Dortmund - Borussia Dortmund mendapatkan hiburan dari penampilan buruk mereka di kancah domestik ketika mereka lolos ke fase gugur Liga Champions sebagai juara grup - namun hasil imbang 1-1 mereka saat menjamu Anderlecht memperlihatkan bahwa klub itu masih kurang rasa percaya diri dan belum mampu memperlihatkan penampilan terbaiknya.

Ciro Immobile mencetak gol pada menit ke-58 yang terlihat akan cukup untuk membuat tim Jerman yang telah memastikan lolos ke fase gugur itu, yang masih terpuruk di dasar klasemen Liga Jerman pada akhir pekan, kemenangan pada pertandingan akhir di Grup D.

Meski demikian Anderlecht, yang tidak memiliki apa-pa untuk dipertaruhkan karena mereka telah dipastikan tersingkir, akhirnya mendapat penghargaan untuk ancaman yang mereka berikan sepanjang malam di Westfallenstadion, ketika pemain Serbia Aleksandar Mitrovic menanduk bola untuk menjadi gol penyama kedudukan pada menit ke-84.

Hal itu membuat Dortmund menghadapi rasa gugup pada beberapa menit terakhir, dengan mengetahui bahwa Arsenal telah meraih kemenangan 4-1 di markas Galatasaray, di mana satu gol lagi dari klub Belgia itu akan membuat mereka kehilangan posisi puncak, namun mereka akhirnya mampu mendapatkan kemenangan yang mendongkrak moral itu.

Dortmund memulai pertandingan dengan bermain aman di mana mereka mengetahui bahwa hanya jika Arsenal mencetak banyak gol di markas Galatasaray, hasil imbang akan memastikan posisi puncak klasemen grup.

Namun Anderlecht, yang hanya tinggal berpeluang meneruskan kiprah Eropanya di Liga Europa, berada dalam situasi untuk menyulitkan tuan rumah, khususnya saat kiper Silvio Proto melakukan serangkaian penyelamatan gemilang sebelum dan sesudah gol Immobile.

Aksi-aksi heroiknya, saat Dortmund menikmati banyak penguasaan bola, memastikan para penggemar tuan rumah harus merasa cemas ketika Proto dua kali menggagalkan peluang Immobile dan saat Mitrovic serta Sacha Kljestan nyaris mencetak gol.

Pemain Italia Immobile mungkin masih belum bisa membayar kepercayaan Dortmund sepenuhnya bahwa ia merupakan pengganti yang sepadan untuk Robert Lewandowski, namun mereka harus berterima kasih dengan golnya saat terdengar kabar bahwa Arsenal sudah unggul 3-0.

Bola dioperkan kepadanya oleh Nuri Sahin di tepi kotak penalti, dan pemain internasional Italia itu berhasil menaklukkan sejumlah usaha untuk merebut bola darinya sebelum mencetak gol.

Namun demikian, kiprah Anderlecht belum usai, dengan ancaman dan umpan silang dari Anthony Vanden Borre di sayap kanan yang dituntaskan oleh pemain Serbia Mitrovic dengan tandukan kepala. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,