37 Orang Tewas Bus Bawa 50 Orang Tercebur ke Kanal India

37 Orang Tewas Bus Bawa 50 Orang Tercebur ke Kanal India

Bus berpenumpang 50 orang kecebur ke kanal di India tengah. (foto - AFP)

New Delhi  -  Sedikitnya  37  orang  tewas  ketika  bus  yang  membawa  50  penumpang  tercebur ke  salah  satu  kanal di negara bagian Madhya Pradesh India tengah.

Dilansir AFP, Selasa (16/2/2021) kecelakaan itu terjadi ketika bus tiba-tiba membelok dari jalan dan terjun ke perairan dekat Desa Satna, pada Selasa dinihari waktu setempat. Diketahui, bus itu berpenumpang sekitar 50 orang.

Sejauh ini, belum diketahui mengenai penyebab bus tersebut tiba-tiba berbelok. Namun, diketahui jalan di India memang dalam kondisi yang kurang terawat dan terkenal berbahaya.

Media lokal melaporkan bus itu tenggelam. Tampak para petugas dengan jaket pelampung oranye menggunakan perahu penyelamat untuk mencari korban. Sebanyak tujuh orang termasuk pengemudi bus, berhasil berenang dari perairan dan bisa selamat.

"Sejah ini, kami telah menemukan 37 mayat dan mereka telah dikirim untuk diotopsi. Operasi pencarian dan penyelamatan masih terus berlangsung," kata petugas polisi distrik, Dharamveer Singh.

Pejabat lokal telah menghentikan pelepasan volume air yang akan memasuki kanal, sehingga bisa mempercepat operasi penyelamatan dan memungkinkan dua crane menarik bus keluar. Butuh tiga jam untuk mengeluarkan kendaraan itu dari kanal.

Kantor Perdana Menteri India Narendra Modi lewat Twitter menyatakan, keluarga dari para korban meninggal akan menerima kompensasi 200.000 rupee. "Seluruh negara bagian turut merasakan hal yang sama dengan mereka yang terkena dampak," kata Kepala Menteri Madhya Pradesh Shivraj Singh Chouhan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,