Jakarta Terendam, Tiga Pintu Air Statusnya Dinaikkan Jadi Siaga I

Jakarta Terendam, Tiga Pintu Air Statusnya Dinaikkan Jadi Siaga I

Pintu Air Angke Hulu. (foto - ist)

Jakarta - Tiga pintu air di wilayah DKI Jakarta berstatus Siaga I, terkait banjir di sejumlah wilayah Jakarta. BPBD DKI Jakarta meminta warga waspada banjir, karena guyuran hujan di sejumlah wilayah, hingga Sabtu (20/2/2021).

Berdasarkan laporan dari akun Twitter resmi BPBD DKI Jakarta, tiga pintu air yang mengalami kenaikan status, yakni pintu air (PA) Karet untuk aliran Banjir Kanal barat dengan ketinggian air 640 cm. Lalu pintu air Angke Hulu dengan ketinggian 350 cm.

Sementara ketiga, Peil Schaal (PS) atau pos pantau Sunter Hulu untuk aliran kali Sunter mengalami kenaikan status menjadi Siaga I dengan ketinggian air mencapai 300 cm.

Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, Jakarta diguyur hujan disertai petir dan angin kencang sepanjang hari Sabtu 20 Februari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, pagi dan malam hari," demikian peringatan yang dilansir dari laman BMKG.go.id.

Sementara itu, Jasa Marga mencatat ada sebanyak 10 titik banjir di Jalan Tol Jasa Marga. Banjir disebabkan curah hujan dengan intensitas tinggi.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengatakan, pihaknya langsung menindaklanjuti beberapa titik genangan air di Jalan Tol Jasa Marga. Pihak Jasa Marga pun memohon maaf tas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal itu. (Jr.)**

10 titik banjir di jalan tol yang dikelola Jasa Marga :

Jalan tol Jakarta - Cikampek :
1. Km 09B, saat ini genangan di Lajur (L) 1 s.d L2, kendaraan masih bisa melintasi L3-L4. tengah dilakukan penanganan dengan pompa.
2. Akses masuk GT Jatibening arah Jakarta tergenang, kendaraan yang akan masuk tol dialihkan melalui akses GT Jatiwaringin / Pondok Gede
3. Km 19B, saat ini genangan di Lajur 1 sd 2, lajur 3 dan 4 dapat dilalui semua kendaraan. Lajur 1 dan 2 masih bisa dilintasi kendaraan besar.
4. GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta, lajur kiri tergenang, lajur kanan dapat dilintasi
5. GT Cibitung 7 arah Jakarta, seluruh lajur tergenang, namun lajur kanan masih dapat dilintasi

Jalan tok Jakarta - Tangerang :
1. SS Bitung, dilakukan pengalihan lalu lintas kendaraan arah Cikupa, dikeluarkan ke Km 19 Tangerang. Saat ini tengah dilakukan penanganan dengan pompa.
2. Km 24 A, saat ini L2 s.d L4 sudah bisa dilintasi. Saat ini tengah dilakukan penanganan dengan pompa.

.

Categories:Daerah,
Tags:,