Batik Air Mendarat Darurat, Tiga Penerbangan ke Jakarta Batal

Batik Air Mendarat Darurat, Tiga Penerbangan ke Jakarta Batal

Pesawat Batik Air mendarat darurat di Bandara Sultan Thaha Jambi. (foto - ist)

Jambi - Pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6803 registrasi PK-LUT rute Jambi menuju Jakarta putar balik ke bandara asal usai 20 menit mengudara. Akibatnya sejumlah penerbangan tujuan Jakarta pun batal, karena pesawat masih berada di tengah landasan pacu bandara.

Berdasarkan keterangan General Manager Bandara Sultan Thaha Jambi Indra Gunawan, ada tiga maskapai yang membatalkan penerbangan. Yakni Maskapai Lion, Citilink dan Batik Air yang sebelumnya mau berangkat ke Jakarta.

Pesawat Batik Air yang mendarat darurat itu masih berada di tengah landasan pacu bandara. Pesawat masih dilakukan evaluasi mengenai permasalahan pada pesawat tersebut.

"Ya, ada tiga pesawat tujuan Jakarta di-cancel akibat pendaratan mendadak pesawat Batik Air, yang sampai saat ini masih berada di tengah landasan pacu bandara," katanya, Sabtu 6 Maret 2021.

Menurut Indra, untuk sementara belum bisa menjelaskan lebih dalam masalahnya karena ada tim investigasi dari KNKT untuk mengecek pesawat. "Secara detail kami tidak bisa menyampaikan apa penyebabnya," katanya.

Kepala Station Manager Lion Group Mardanus mengatakan, sejumlah penerbangan saat ini di-cancel lantaran membutuhkan proses dama evakuasi pesawat. Meski begitu, evakuasi penumpang telah dilaksanakan.

"Jika penumpang masih ingin terbang ke jakarta penerbangan akan dipindahkan ke pesawat Batik Air round Jambi, dan jika tidak penumpang dapat melakukan refund pada tiketnya tanpa biaya. Selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan kondusif," katanya.

Mardanus menyatakan, evakuasi penumpang mencapai sebanyak 117 orang, di antaranya Penumpang Bisnis 5, Penumpang Ekonomi 109, Penumpang Anak-anak 2 dan Penumpang Bayi 1 serta semua selamat.

"Tidak ada kejadian atau korban jiwa dan kita sudah evakuasi para penumpang. Saat ini pesawat masih di landasan pacu, kita sudah berkoordinasi dengan maskapai serta akan berkoordinasi bantuan dari Batam untuk ke Jambi," katanya.

Sementara itu, Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, pilot memutuskan putar balik pesawat karena mengetahui ada kendala teknis. Kendala itu diketahui karena ada pemberitahuan.

"Setelah lepas landas, pilot memutuskan untuk kembali ke bandara keberangkatan (return to base) karena ada salah satu indikator menyala di ruang kokpit, kemungkinan ada kendala teknis (technical reason)," kata Danang dalam keterangannya.

Danang mengatakan, untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, keputusan kembali ke bandara asal adalah tepat. Hal itu untuk segera dilakukan pemeriksaan dan pengecekan lebih lanjut pada pesawat udara Airbus 320-200 registrasi PK-LUT.

Seluruh kru pesawat dan penumpang dibawa dan diarahkan ke ruang tunggu gedung terminal bandara, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut serta penanganan keterlambatan keberangkatan. Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas peristiwa itu.

"Batik Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul, sehingga penerbangan para tamu ID-6803 terganggu. Batik Air telah memberikan layanan kompensasi penundaan keberangkatan (delay management), berdasarkan ketentuan yang berlaku," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,