Digeledah, Rumah - Kantor Bupati Bandung Barat Aa Umbara

Digeledah, Rumah - Kantor Bupati Bandung Barat Aa Umbara

Penggeledahan penyidik KPK di rumah Andri Wibawa Lembang Kabupaten Bandung Barat. (foto - ist)

Bandung  -  Penyidik  Komisi   Pemberantasan   Korupsi  melakukan  penggeledahan  di  rumah  pribadi  Bupati   Bandung Barat Aa Umbara Sutisna di kawasan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Selasa 16 Maret 2021 pagi.

Selain rumah pribadi KPK juga menggeledah Kantor Bupati Bandung Barat di Kompleks Pemda Bandung Barat Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Ketua KPK Firli Bahuri membenarkan ada penggeledahan di rumah dan kantor Bupati Bandung Barat.

"Ya, KPK tengah melakukan beberapa kegiatan terkait dengan pemeriksaan saksi maupun pencarian barang bukti terkait dugaan perkara suatu pidana (korupsi)," katanya.

Mengenai kasus yang diduga melibatkan Aa Umbara Sutisna, KPK masih bungkam. Ia mengatakan, pihaknya akan segera menyampaikan kepada publik jika pemeriksaan telah rampung. "Nanti kita sampaikan apa yang terjadi, siapa saja yang terlibat serta barang bukti".

Ia menjamin, KPK tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah dan setiap orang yang terlibat korupsi akan ditindak tegas. "Kita kedepankan asas praduga tak bersalah dan kita junjung tinggi azas hak asasi manusia. Namun setiap orang yang terlibat suatu perkara korupsi harus juga kita minta pertanggungjawabannya," tegas Firli.

Penggeledahan penyidik KPK didampingi pihak kepolisian di kediaman rumah pribadi Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna Jalan Murhadi Desa Lembang Kabupaten Bandung Barat, sekitar pukul 09.30 WIB.

Petugas juga menggeledah rumah berikutnya milik anak Bupati Aa Umbara milik Andri Wibawa di Gang Sukajadi Desa Lembang Kabupaten Bandung Barat. Selain itu, penyidik KPK juga melakukan penggeledahan di Kantor Bupati Bandung Barat.

Sejauh ini, gedung kantor bupati pun masih dijaga pihak kepolisian dengan bersenjata lengkap. Sementara petugas KPK masuk ke dalam gedung untuk melakukan pemeriksaan. (Jr.)**

.

Tags:,