Bandros Bertambah di Tahun 2015

Bandros Bertambah di Tahun 2015

Armada bus wisata Kota Bandung,"Bandung Tour On Bus (Bandros) dipastikan bertambah pada 2015.(Foto:Net)

Bandung - Armada bus wisata Kota Bandung, "Bandros" dipastikan bertambah pada 2015 menyusul rencana Bank BCA untuk berpartisipasi menambah angkutan pariwisata Kota Kembang itu.
 
"Pariwisata Kota Bandung kian hidup dengan kehadiran bus Bandros, untuk itu BCA berencana untuk menambah armada bus berlantai dua itu," kata Direktur BCA Subur Tan saat menyerahkan bantuan 10 unit alat pencacah sampah di Bandung, Jumat (12/12/2014).
 
Ia menyebutkan, Kota Bandung sebagai kota wisata memiliki potensi cukup besar karena sudah masuk ke dalam salah satu destinasi yang diminati wisatawan luar negeri.
 
Kehadiran Bandros yang menjadi ikon wisata Kota Bandung itu merupakan sebuah potensi dan peluang bagi Kota Bandung untuk lebih menggairahkan program wisata di Kota Bandung. "Melalui kegiatan CSR kami, akan disinergikan, sehingga gairah pariwisata terus meningkat," katanya. Rencana bantun bus Bandros itu menurut dia sudah dibicarakan dengan Walikota Bandung H Ridwan Kamil yang menyambut rencana itu.
 
Sementara itu Walikota Bandung Ridwan Kamil menyebutkan rencana penambahan bus Bandros pada 2015 terus dilakukan. "Bandros itu merupakan sumbangan dari masyarakat pengusaha yang peduli wisata Kota Bandung, saat ini ada tiga, sudah beroperasi dua. Dan rencananya ada tambahan lagi dari BCA," katanya.
 
Namun ia tidak menyebutkan berapa unit Bandros tambahan dari sumbangan bank swasta nasional tersebut. Pihaknya siap mengoperasikan bus itu melayani wisatawan di Bandung. "Bisa satu bisa juga seratus, yang jelas Bandros sudah menjadi ikon dan harus didukung bersama. Semangatnya adalah memberikan layanan wisata alternatif bagi warga Bandung," kata Ridwan Kamil.
 
Bus Bandros merupakan bus wisata khas Kota Bandung . Bentuknya berlantai dua dan terbuka yang dioperasikan melintasi beberapa jalan bersejarah di Kota Bandung.
 
Bus itu dioperasikan dengan pool di kawasan Alun Alun Bandung dan di Taman Lansia Jalan Citarum Kota Bandung. Setiap hari ratusan wisatawan lokal maupun mancanegara memanfaatkan fasilitas angkutan keliling Kota Bandung itu.
 
Pada bagian lain, meski Bandros sudah beroperasi sejak pertengahan 2014, masih banyak warga Bandung yang belum mengetahui tata cara untuk bisa menikmati berkeliling Kota Bandung bersama Bandros. 
 
Berikut tata caranya :
-      Bus Bandros mulai beroperasi pada hari Sabtu hingga Kamis pukul 10.00-15.00 WIB
-      Warga Bandung bisa mendapatkan tiket untuk naik Bandros di Taman Kandaga Puspa yang terletak di belakang Gedung Sate Bandung dengan tarif Rp 10.000, sedangkan untuk anak-anak yang berumur di bawah 5 tahun tidak dikenakan biaya.
-     Rute perjalanan Bandros mulai dari Taman Pustaka Bunga (Halte) – Jl. Supratman – Dipenogoro – Gedung Sate – Sulanjana – Ir. H. Juanda (Dago) – Ganesha – Tamansari – Ir. H. Juanda – Dipenogoro – Cilamaya – Ciliwung dan kembali ke Taman Pustaka Bunga dengan durasi sekitar 30 hingga 45 menit.
-    Fasilitas yang ada di dalam bus adalah GPS dan terdapat juga data informasi bagi wisatawan mengenai Kota Bandung sendiri.
 
Selain wisatawan ternyata warga Bandung juga tidak kalah penasaran untuk menikmati keliling Bandung dengan rasa yang berbeda.
 
“Ngantre buat naik Bandrosnya panjang, tambahin dong Kang Emil Bandrosnya” ujar Adi, salah seorang pengunjung yang mengantre untuk menaiki Bandros. (AY)**
.

Categories:Bandung,