Karier Gelandang Anyar Persib Bandung Mohammed Rashid

Karier Gelandang Anyar Persib Bandung Mohammed Rashid

Mohammed Bisham Ahmed Rashid. (foto - Instagram)

Bandung - Persib Bandung resmi memperkenalkan rekrutan barunya Mohammed Bisham Rashid, yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Pemain berpaspor Palestina itu dipilih tim pelatih untuk mengisi slot pemain asing Asia.

Mohammed Rashid merupakan pemain pilihan pelatih Persib Robert Rene Alberts. Pelatih asal Belanda itu telah memantau penampilan Rashid sepanjang awal 2021.

Tak ingin berlama-lama dalam negosiasi, Persib pun menyodorkan kontrak berdurasi satu tahun kepada pemain berusia 25 tahun tersebut.

Pemain kelahiran Ram Allah 3 Juli pada 25 tahun lalu itu didatangkan dari Al Jeel, dengan status bebas transfer. Kontrak Rashid bersama klub kasta kedua Liga Arab Saudi, Al Jeel telah berakhir pada 6 Juni 2021.

Pemain yang memiliki nama lengkap Mohammed Bisham Ahmed Rashid memulai karier profesionalnya pada musim 2018-2019. Pada saat itu, ia membela klub tanah kelahirannya, yakni Al Bireh Youth Foundation.

Sejak saat itu, Rashid dikenal sebagai pemain yang tak pernah lebih dari satu musim memperkuat klub yang dibelanya. Semusim memperkuat Al Bireh, Rashid hengkang ke Al Quds Hilal Club pada 2019-2020 yang juga berkompetisi di Liga Utama Palestina.

Musim berikutnya 2020-2021, Rashid memutuskan untuk coba tantangan baru dengan bergabung klub kasta kedua Liga Arab Saudi, Al-Jeel Club. Kontrak Rashid bersama Al Jeel berakhir pada 6 Juni 2021 dan kini ia berlabuh di Persib Bandung.

Persib Bandung sepertinya bakal jadi tantangan baru bagi Mohammed Rashid dalam perjalanan kariernya. Bermain di kompetisi sepakbola Asia Tenggara menjadi pengalaman pertama bagi gelandang tersebut.

Sebelumnya, Rashid hanya bermain untuk dua kompetisi di negara Timur Tengah, yakni Palestina dan Arab Saudi. Menarik ditunggu bagaimana kiprah pemain asal Palestina itu di Liga Indonesia. Ia mengikuti jejak pendahulunya yang berpaspor Palestina yaitu Mahmoud Eid, Jonathan Cantilana dan Yashir Islame Pinto.

Rekam jejak Rashid memang terbilang baru seumur jagung. Ia baru memulai karier profesionalnya sebagai pesepakbola pada 2018, saat dirinya berusia 23 tahun. Saat itu, ia yang mengenyam ilmu sepakbola bersama Al Quds Hilal, lalu direkrut Al Bireh pada 10 Juli 2018.

Ia pun tercatat pernah bemain di ajang kontinental Piala AFC. Tepatnya saat Rashid memperkuat Al Quds Hilal Club dan tampil di Piala AFC 2020.

Pada saat itu, Rashid tampil pada empat laga, dengan masing-masing dua laga kualifikasi dan putaran grup. Pada periode tersebut, Rashid mencatat menit bermain sebanyak 360 menit dengan mencetak satu gol.

Menariknya, meski berposisi sebagai gelandang bertahan, Rashid sama sekali belum pernah menerima kartu kuning apalagi kartu merah. Tidak butuh waktu lama bagi Mohammed Rashid untuk menembus skuad utama timnas Palestina.

Ketika memulai karier profesionalnya pada 2018, ia pun mendapat kesempatan debut untuk skuad senior timnas Palestina saat usianya 23 tahun. Kala itu, Rashid debut bersama timnas Palestina saat menghadapi Kirgistan yang dimenangi dengan skor 1-0.

Diketahui, Mohammed Rashid juga bermain bersama dua pemain timnas Palestina yang sempat memperkuat klub Indonesia. Mereka adalah Mahmoud Eid (Persebaya Surabaya) dan Yashir Islame Pinto (Barito Putera).

Sejauh ini, Rashid telah memiliki caps timnas sebanyak 13 kali dan tampil pada enam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Mohammed Rashid juga pernah membela timnas Palestina di Piala Asia 2019 dengan dua kali penampilan. (Jr.)**

.

Categories:Persib,
Tags:,