Latihan Kepramukaan Pembina di Taman Pramuka

Latihan Kepramukaan Pembina di Taman Pramuka

Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar sebagai bentuk latihan kepramukaan bagi guru (dok: by internet)

Bandung - Sejumlah guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari 3 kecamatan wilayah 2 Andir Kota Bandung, mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar atau disingkat KMD. Kursus dalam bentuk latihan kepramukaan sebagai pembina belangsung di Taman Pramuka, Jalan L.L.R.E Martadinata, Kota Bandung, dari tanggal 12-14 Desember 2014.
 
Kursus Mahir Dasar ini merupakan program dari kurikulum 2013, di mana Pramuka menjadi salah satu kegiatan ekstrakulikuler wajib di setiap sekolah. Setiap guru diwajibkan mengikuti dan memiliki sertifikat KMD, bertujuan agar tidak hanya memimpin dan membina muridnya di dalam kelas, namun juga di luar kelas. Misalnya, memimpin dan membina murid-muridnya dalam kegiatan pramuka.
 
"KMD diselenggarakan setiap minggu. Pesertanya berbeda- beda dari setiap sekolah yang ada di wilayah Kota Bandung. Kursus Mahir Dasar guru, ada guru matematika, bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan lainnya," papar Kak Boy, selaku staf Taman Pramuka saat dijumpai tim Cikalnews, Sabtu (13/11).
 
Disebutkan, KMD minggu ini adalah kegiatan lanjutan mengenai simulasi perkemahan. "Di Minggu sebelumnya kegiatan KMD seputar teori kelas, tatap muka lalu yang terakhir simulasi perkemahan. Mereka juga mengupas program latihan kepramukaan dari tingkat SD hingga SMA agar para guru ini dapat menggali lebih banyak ilmu pembinaan," tambah Kak Boy. (Jr.)**
 
 
.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,