Kenali Ikan Cupang Termahal di Dunia Harganya Bisa Rp 22 Juta

Kenali Ikan Cupang Termahal di Dunia Harganya Bisa Rp 22 Juta

Pesona ikan Cupang. (foto - Shutterstock)

Bandung - Cupang merupakan salah satu ikan yang paling populer dan banyak digemari. Ikan cupang memiliki bentuk dan warna yang indah, sehingga membuatnya banyak digemari sebagai hewan peliharaan oleh para pecinta ikan hias.

Sebelum memelihara ikan cupang, baiknya harus mengetahui jenis-jenis ikan cupang termasuk berapa harganya. Sebab, ada banyak sekali jenis ikan cupang dengan harga yang sangat fantastis.

Meski ikan cupang memiliki ukuran relatif kecil, ikan tawar satu ini kerap dijual dengan harga yang tinggi karena kecantikan warna yang dimilikinya. Oleh karena itu, tak heran jika ada banyak kolektor yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan ikan cantik ini.

Ada beberapa ikan cupang yang harganya 'wah'. Antara lain ikan Cupang Kachen Worachai. Ikan cupang jenis ini memiliki corak berwarna biru, merah dan putih. Sekilas ikan itu menyerupai bendera nasional Thailand, dan berhasil dijual dengan harga Rp 22 juta.

Berkat harganya yang cukup fantastis, maka ikan tersebut dinobatkan sebagai sebagai ikan cupang termahal di dunia. Nama ikan cupang itu pun berasal dari nama pemiliknya, Kachen Worachai.

Ikan Cupang Fancy, Ikan cupang jenis ini juga berasal dari Thailand. Ikan cupang fancy memiliki bentuk sirip yang cukup pendek dengan warna yang sangat beragam, sehingga membuatnya makin cantik dan sering dinobatkan sebagai ikan cupang lukisan.
Ikan cupang yang merupakan termahal kedua itu dibanderol dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu, sedangkan untuk ikan cupang fancy juara dapat mencapai seharga Rp 2 juta.

Ada lagi ikan Cupang plakat, uniknya ikan cupang ini muncul dengan berbagai warna berdasarkan tempat tinggalnya. Selain itu, ikan cupang plakat lebih aktif dan lebih mudah untuk dipelihara daripada ikan cupang jenis lainnya.

Ikan ini memiliki bentuk sirip yang sangat pendek dan posisinya berdekatan ke badan ikan, sehingga membuatnya lebih besar. Di Indonesia, ikan cupang plakat dijual dengan harga mulai dari Rp 60 ribu hingga Rp 2 juta.

Lalu ada juga ikan cupang double tail, ikan ini dijual dengan harga mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 1,5 juta. Selain itu, ikan cupang ini memiliki keunikan yang terletak di bagian ekor. Ekor ikan cupang double tail benar-benar terbelah menjadi dua atau ekor ganda. Ikan ini juga memiliki pangkal sirip pinggung dan anak yang berbentuk rata.

Ikan cupang halfmoon, memiliki keindahan yang terletak pada ekor dan siripnya yang sangat lebar menyerupai kipas. Baik jantan maupun betina, ikan cupang jenis ini memiliki ekor yang panjang dan dapat melebar sampai 180 derajat.

Di pasaran, ikan cupang jenis ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 40 ribu hingga Rp 500 ribu, bergantung pada keindahan, umur dan ukurannya.

Ikan Cupang Crowntail, ikan cupang yang satu ini dapat dikatakan sebagai ikan cupang langka. Oleh karena itu, ikan ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 300 ribu per ekor, bergantung pada warna dan keunggulan lainnya.

Perawatan ikan ini juga cukup sulit karena sangat sensitif dan rapuh. Selain itu, ikan cupang ini juga memiliki bentuk yang cukup panjang, sehingga membutuhkan ruang yang relatif besar untuk pemeliharaannya.

Selain itu, ikan Cupang Half Moon yang memiliki ekor dan sirip yang simetris mirip dengan setengah bulan. Ikan ini merupakan hasil kawin silang yang dilakukan oleh Peter Goettner, peternak asal Amerika Serikat tahun 80an. Cupang half moon ini bisa terjual seharga Rp 10 juta.

Cupang Dragon White Platinum, memiliki ciri khas sisik seperti mutiara hingga ke kepala. Sisik ikan cupang ini mengkilap, tebal dan menonjol. Ikan ini sangat indah saat berenang dan memperlihatkan siripnya. Cupang dragon white platinum bisa terjual Rp 9,5 juta.

Semengtara itu Cupang Pee Kloaw Betta memiliki kecantikan yang menarik dengan warna yang beragam pada sirip dan ekornya. Ikan ini bisa terjual dengan harga Rp 21 juta.

Lalu ada Cupang Betta Half Moon King of Gold Dragon, ikan ini merupakan perpaduan dari ikan cupang half moon yang memiliki sirip simetris mirip dengan setengah bulan dengan cupang dragon. Cupang ini memiliki warna emas yang mewah. Ikan ini terjual dengan harga Rp 7,9 juta. (Jr.)**

.

Categories:Unik,
Tags:,