Minat orangtua sertakan anak divaksinasi di Bandung tinggi

Minat orangtua sertakan anak divaksinasi di Bandung tinggi

Seribuan anak ikuti vaksinasi yang digelar Forum Bandung Sehat. (foto - ist)

Bandung  -  Sekitar 1.000  anak berusia  12  hingga  17  tahun  mengikuti  vaksinasi  Covid-19  yang  digelar  dalam  rangka Hari Anak Nasional di Gedung PKK Kota Bandung, pada Rabu 28 Juli 2021.

Gebyar vaksinasi untuk anak itu diselenggarakan oleh Forum Bandung Sehat (FBS), dalam rangka menyambut Hari Anak nasional. Ketua Forum Bandung Sehat (FBS) Siti Muntamah menyatakan, anak yang ikut dalam vaksinasi ini diharapkan tidak tertular atau menulari virus pada orang lain.

"Ada seribuan ada dulu, seluruh peserta vaksin didampingi oleh orangtua mereka, dan terlihat antusias mengikuti kegiatan vaksinasi," kata Siti di Gedung Binangkit PKK kota Bandung.

Menurut Siti, antusias orangtua untuk mengikutsertakan anaknya pada kegiatan vaksinasi tersebut memang cukup tinggi. Hal itu terlihat saat pendaftaran dibuka, ratusan pendaftar sudah mengisi form yang disiapkan secara daring.

"Baru 3 jam (pendaftaran) sudah 800 (pendaftar) kemudian 20 menit selanjutnya langsung ditutup, artinya masyarakat Kota Bandung open mind. Pihaknya akan terus melakukan kegiatan serupa guna mendukung vaksinasi," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bandung dr. Rita Verita mengatakan, pihaknya melakukan berbagai kegiatan dalam rangka hari anak nasional, yang salah satunya vaksinasi Covid-19.

Ia mengatakan, antusias masyarakat terhadap vaksinasi sangat tinggi. Terbukti dari jumlah pendaftar yang melebihi kuota yang ditentukan. "Ada 1.030 yang daftar secara online dari kuota yang disediakan 1.000," katanya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung dr. Ahyani Raksanagara, vaksinasi terhadap anak berusia 12 hingga 17 tahun di Bandung mulai berjalan sejak awal Juli kemarin. Jumlah persentase anak yang divaksin masih kecil dibanding di sektor lainnya.

"Kalau dari persentase baru 2 hingga 3 persen, dari sekitar 238 ribu anak usia 12 - 17 tahun di Bandung. Vaksinasi berjalan dengan baik, jika kuota vaksin tersedia maka sasaran pun siap dengan penyelenggara yang baik," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,