Saat Terbaik Menyimak 'Blue Moon' dengan Mata Telanjang

Saat Terbaik Menyimak 'Blue Moon' dengan Mata Telanjang

Lapan ungkap jam terbaik menyaksikan Blue Moon dengan mata telanjang, Minggu 22 agustus 2021 malam ini. (foto - EarthSky)

Bandung  -  Fenomena  'Blue  Moon'  atau  bulan  biru  yang  menyapa langit  Indonesia  pada  Minggu  22  Agustus 2021 malam ini, bisa disaksikan warga di wilayah Bandung dengan mata telanjang.

Demikian dipastikan oleh Peneliti Pusat Sains Antariksa Lapan, Andi Pangerang. Blue Moon sebenarnya merupakan fenomena bulan purnama biasa, sehingga warga tidak perlu menggunakan alat bantu khusus.

"Blue Moon sebenarnya sama halnya seperti bulan purnama biasa. Jadi bisa disaksikan dengan mata langsung," kata Andi, Minggu 22 Agustus 2021.

Mengenai jam terbaik untuk menyaksikan Blue Moon dari wilayah Bandung menurut Andi warga bisa menyaksikannya selepas Maghrib. Blue Moon pada malam ini akan terlihat sangat jelas pada pukul 19.00 WIB.

Lalu blue moon akan berada pada titik tertinggi pada pukul 00.00 WIB dan mengarah ke arah Utara Bandung. Blue Moon akan hilang dari wilayah Bandung menjelang matahari terbit, Senin 23 Agutus 2021.

"Jika masyarakat ingin lihat detail kawah pada Blue Moon, bisa menggunakan teropong atau teleskop. Blue Moon juga bisa diabadikan dengan menggunakan kamera ponsel atau kamera DSLR," katanya.

Fenomena Blue Moon yang muncul pada malam ini lanjut Andi, merupakan Seasonal Blue Moon atau bulan biru musiman.

"Penyebab terjadinya Blue Moon, yakni karena bulan mengelilingi bumi selama 29,5 hari. Sedangkan untuk periode Seasonal Blue Moon, berkisar antara 89 hingga 93 hari. Jika 93 hari ini dibagi dengan 29,5 akan mehghasilkan 3. Artinya, normalnya fenomena bulan purnama terjadi tiga kali dalam satu tahun," bebernya.

Berdasarkan prediksi Lapan, Seasonal Blue Moon seperti yang muncul pada malam ini, baru bisa dilihat kembali di Indonesia pada 2024 dan 2027 mendatang. **

.

Categories:Infotech,
Tags:,