Kota Bandung Zona Kuning objek wisata pun dapat relaksasi

Kota Bandung Zona Kuning objek wisata pun dapat relaksasi

D'DieuLand, salah satu objek wisata kuliner dan taman bermain di kawasan Punclut Bandung. (foto - @d.dieuland)

Bandung  -  Terbaru,  peta  risiko  (zona  Covid-19) di  Jawa  Barat  terus  membaik.  Dari  27  daerah di wilayah  Jabar, tidak ada satu pun daerah yang masuk zona merah, Kamis 9 September 2021. Selain itu, hanya ada 4 daerah yang masih di zona oranye, atau daerah dengan risiko sedang.

Sementara 23 daerah lainnya terus membaik hingga masuk dalam kategori zona kuning atau zona risiko rendah. Seperti wilayah Bandung Raya yang kerap berada di zona merah dan zona oranye, kini sudah membaik masuk dalam kategori zona kuning dengan skor 2,54.

Selain itu positivity rate berada di angka 1,77 dan Bed Occupancy Rate (BOR) di angka 19,16 persen. Beberapa sektor juga telah memperoleh relaksasi atau pelonggaran, yang disesuaikan dengan aturan Inmendagri no 39 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 Kota Bandung Oded M Danial menyatakan, kondisi ini menggembirakan karena sudah bergeser ke zona kuning atau risiko rendah. Untuk itu Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas sudah mulai dilaksanakan di 328 sekolah.

Namun dengan catatan dipastikan memiliki kesiapan dan pengawasan dari Satgas Penanganan Covid-19 dan leading sector, yaitu Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung.

Sementara di sektor perhotelan ada MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) segera diberikan relaksasi, juga Kebun Binatang dan tempat olahraga outdoor.

Menurut Oded seusai mengikuti rapat terbatas bersama Forkopimda di Balaikota Bandung, Rabu 8 September, Kiara Artha Park, Trans Studio Bandung dan Saung Angklung Udjo pun sudah boleh beroperasi. Sedangkan untuk resepsi pernikahan diperbolehkan dengan jumlah tamu 20 orang per sesi.

Namun, ia mengingatkan meski telah memperoleh relaksasi pengelola tempat dan pengunjungnya harus disiplin dengan protokol kesehatan demi menjaga situasi dan kondisi saat ini. Pemkot segera mengatur terkait kapasitas, jam operasional hingga usia pengunjung yang boleh memasuki beberapa tempat yang diberikan relaksasi. Untuk tempat lainnya akan dilakukan bertahap.

"Dine in di dalam gedung sudah boleh dengan waktu makan 60menit, namun kapasitasnya masih 25 persen. Kalau pengunjung usia 12 tahun ke bawah nanti akan diatur kembali, karena kita tetap sejalan dengan Inmendagri," kata Walikota Bandung tersebut.

Terkait mobilitas masyarakat, penerapan ganjil-genap di gerbang tol akan tetap berlaku tiap akhir pekan. "Tadi laporan dari Pak Kapolrestabes akan tetap dilanjut sampai ada instruksi dari Kapolda. Disampaikan, dampak positifnya bisa mengurangi sampai 20 persen," katanya.

Meski kasus Covid-19 menurun, tracing, testing dan treatment (3T) akan terus dilakukan, karena hal itu yang menjaga indikator kasus Covid-19 di Kota Bandung terus melandai. "Vaksinasi pun hari ini sudah mencapai 69 persen. Artinya, target 70 persen untuk September optimis bisa terlampaui," tegas Oded.

Sementara itu, Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, beberapa tempat seperti sarana olahraga outdoor akan segera dibahas untuk diatur terkait kapasitas dan aturan lainnya.

Sedangkan Kebun Binatang dan tempat wisata lain, Ema juga akan mengatur usia berapa yang diperbolehkan masuk sebagai pengunjung. Sebab masuk ke pusat perbelanjaan pun anak usia 12 tahun ke bawah masih belum diperbolehkan.

"Untuk acara musik, pameran dan kegiatan lain yang akan mengundang kerumunan juga masih belum diperbolehkan. Namun kalau musik di cafe tidak ada masalah, itu istilahnya compliment," kata Ema.

Daerah zona kuning dan zona oranye di Jabar :

Zona Oranye :
Kabupaten Ciamis
Kabupaten Bekasi
Kabupaten Tasikmalaya
Kota Sukabumi

Zona Kuning :
Kabupaten Cianjur
Kabupaten Bandung
Kabupaten Sukabumi
Kabupaten Garut
Kabupaten Bandung Barat
Kabupaten Cirebon
Kabupaten Bogor
Kabupaten Kuningan
Kabupaten Majalengka
Kabupaten Subang
Kabupaten Purwakarta
Kabupaten Indramayu
Kabupaten Karawang
Kabupaten Pangandaran
Kabupaten Sumedang
Kota Cimahi
Kota Cirebon
Kota Banjar
Kota Bandung
Kota Bogor
Kota Depok
Kota Bekasi
Kota Tasikmalaya.**

.

Categories:Bandung,
Tags:,