20 Objek Wisata di Pulau Jawa segera Diuji-Coba untuk Buka

20 Objek Wisata di Pulau Jawa segera Diuji-Coba untuk Buka

Kawah Putih di Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung Jawa Barat. (foto - ist)

Jakarta  -  Pemerintah  segera  melakukan  uji  coba pembukaan  20  tempat  wisata di  wilayah  Pulau  Jawa  terkait dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Hal itu sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Fadjar Hutomo menyatakan, uji coba penerapan protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi rencananya terlebih dulu akan dilakukan di 20 tempat wisata.

Ke-20 tempat wisata tersebut tersebar di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DI Yogyakarta. Tempat wisata tersebut telah memenuhi kriteria tertentu, yang telah ditetapkan bersama antara Kemenparekraf, Kemenkomarves dan Asosiasi.

Uji coba penerapan protokol kesehatan tersebut dilakukan sebagai upaya dalam membangkitkan kembali sektor pariwisata di masa pemberlakuan PPKM.

Yakni usaha pariwisata akan dibuka kembali secara bertahap, dengan memperhatikan aspek kesehatan. Hal itu bukan hanya bagi para pengunjung, tapi juga pekerja dan pengelola usaha di tempat wisata tersebut.

"Salah satu syarat wajib dari uji coba protokol kesehatan itu adalah penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi itu bukan tiket masuk, tetapi sebagai screening awal," katanya.

20 tempat wisata yang diizinkan buka dalam uji coba :

1. DKI Jakarta: Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah.

2. Jawa Barat: Taman Safari Indonesia, Taman Bunga Nusantara, The Lodge Maribaya, Glamping Lake Rancabali, Kawah Putih, Jbound serta Saung Mang Udjo.

3. Jawa Tengah: Grand Maerakaca Taman Mini, TWC Borobudur, TWC Prambanan dan Taman Satwa Taru Jurug.

4. Yogyakarta: TWC Ratu Boko, Taman Pintar dan Watu Lumbung Culture Resort.

5. Jawa Timur: Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park 2, Hawai Group serta Maharani Zoo dan Gua. **

 

.

Categories:Wisata,
Tags:,