Burung Pipit Mati Berjatuhan juga Terjadi di Kota Cirebon

Burung Pipit Mati Berjatuhan juga Terjadi di Kota Cirebon

Fenomena burung pipit mati berjatuhan juga terjadi di Cirebon. (foto - infolintaskomunitas)

Cirebon - Fenomena burung pipit mati berjatuhan juga terjadi di Cirebon. Ratuan burung pipit mati tersebut berserakan di bawah pohon area parkir Balaikota Cirebon Jabar, Selasa 14 September 2021.

Burung pipit yang mati mendadak itu juga bangkainya memenuhi sekitar Kantor Pemerintah Kota Cirebon. Fenomena aneh tersebut pertama kali diketahui oleh sejumlah petugas kebersihan Balaikota Cirebon.

Mereka kaget ketika melihat ratusan burung pipit tiba-tiba berjatuhan dan berserakan mati di bawah sebuah pohon. Saat itu cuaca di Balaikota Cirebon sendiri tengah diguyur hujan, ratusan bangkai burung itu pun mati mendadak dengan kondisi sayap basah.

Sebelumnya, fenomena serupa juga terjadi di Kabupaten Gianyar Bali. Ribuan burung pipit mati berjatuhan di kawasan perkuburan Kabupaten Gianyar, pada Kamis 9 September 2021 lalu.

Sejauh ini belum bisa dipastikan penyebab pasti fenomena ratusan burung pipit mati mendadak di Cirebon tersebut. Namun hal itu merupakan fenomena pertama kalinya terjadi di Cirebon.

Tim medis veteriner DKPPP Kota Cirebon drh. Tri Angka menyebutkan, dugaan sementara burung pipit mati mendadak tersebut karena perubahan iklim yang cepat, atau mereka memakan tanaman yang mengandung pestisida.

"Dugaan bisa karena musim, bisa juga karena sekarang musim tanam lalu burung itu memakan tanaman yang mengandung pestisida, atau juga karena perubahan iklim," kata Angka kepada wartawan di Balaikota Cirebon, Selasa 14 September 2021.

Untuk memastikan penyebabnya, DKPP Cirebon mengambil sampel dari mulut bangkai burung lalu diuji di laboratorium. "Pengambilan sampel dari mulut, ujinya PCR untuk diketahui hasilnya pengujian dilakukan di luar daerah," katanya. **

.

Categories:Daerah,
Tags:,