Semarak Kemeriahan Upacara Pembukaan PON XX di Papua

Semarak Kemeriahan Upacara Pembukaan PON XX di Papua

Pesta kembang api warnai upacara pembukaan PON XX Papua. (foto - ant)

Jayapura  -  Diwarnai  pesta  kembang  api  dan  tarian  tradisional  Papua  upacara  pembukaan  Pekan Olahraga  Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe Jayapura berlangsung meriah, Sabtu 2 Oktober 2021 pada pukul 19.00 WIT.

Acara yang dihadiri Presiden Jokowi, Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua MPR Bambang Soesatyo itu, diawalai dengan tarian tradisional dari sejumlah penari diikuti dengan tulisan Selamat Datang Papua. Video hitung mundur pun diputar dengan burung cendrawasih.

Dimeriahkan hiburan musik, parade atlet, penampilan budaya hingga penyalaan kembang api. Sejumlah selebriti nasional dan artis Papua turut memeriahkan Upacara Pembukaan PON XX. Antara lain, Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Piter Ginuy dan Irsa Yoku, tampil sebagai pembawa acara sebelum upacara pembukaan berlangsung.

Edo Kondologit, Tulus, Ruth Sahanaya, Michael Jakarimilena, Nowela Elizabeth Auparay dan Lea Simanjuntak pun mengisi acara, sebelum PON XX dibuka Jokowi. Ada pula artis Papua antara lain Vien Mangku ft. Qhiba Mansawan, Joanita Chatarine, Papua Original, Trio Papua, Albert Fakdawer, Oyandi Voice, dan Paduan Suara Gema Chandra Universitas Cenderawasih.

Sebanyak 40 ribu kursi disiapkan bagi para penonton. Jumlah tersebut merupakan 25 persen dari kapasitas total Stadion Lukas Enembe. Ratusan tenaga medis juga telah bersiaga selama upacara pembukaan PON.

Mereka disebar di sejumlah titik di area stadion, antara lain di pintu masuk hingga di dalam stadion. Sebelum pembukaan, sejumlah cabang olahraga sudah dipertandingkan. DKI Jakarta saat ini masih memimpin klasemen perolehan medali PON Papua dengan 28 emas, 15 perak dan 20 perunggu.

Sementara tuan rumah Papua berada di posisi kedua dengan 17 emas, 5 perak, 13 perunggu, sedangkan di posisi ketiga ditempati Jawa Barat dengan 11 emas, 15 perak dan 25 perunggu. **

.

Categories:Olahraga,
Tags:,