PPKM kembali Diperpanjang Jabodetabek Masih pada level 3

PPKM kembali Diperpanjang Jabodetabek Masih pada level 3

PPKM kembali diperpanjang bioskop diizinkan buka. (foto - ist)

Jakarta  -  Pemerintah   kembali  memperpanjang  PPKM  di  Jawa - Bali.  Kawasan  aglomerasi  Jabodetabek  masih  berada di PPKM Level 3, mengingat sejumlah daerah belum memenuhi target vaksinasi.

Demikian dikemukakan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, Senin 4 Oktober 2021. Daerah yang belum memenuhi target vaksinasi itu di antaranya Kabupaten Bogor dan Tangerang. "Aglomerasi Jabodetabek belum turun ada di Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang dan Bekasi masih kekurangan vaksinasi level 3," katanya.

Ke depan, pemerintah akan membentuk gugus tugas untuk meningkatkan vaksinasi. Selain itu, 2 juta vaksin bakal dikirimkan. "Kami akan melakukan task force, jadi ada 2 juta vaksin yang akan kita suntikkan dalam minggu-minggu ke depan. Setelah itu akan kita matangkan pelaksanaannya," tegas Luhut.

Perpanjangan PPKM itu juga tidak hanya di Jawa - Bali, pemerintah juga memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar daerah Jawa - Bali selama dua pekan, mulai Selasa 5 Oktober hingga Senin 18 Oktober 2021.

"Perpanjangan luar Jawa - Bali diusulkan dua minggu ke depan mulai tanggal 5 - 18 Oktober 2021, dengan cakupan 6 kota/kabupaten dari sebelumnya 10 kota/kabupaten masuk ke level 4," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menurutnya, 6 kota/kabupaten yang masih masuk ke dalam kategori PPKM Level 4 antara lain Pidie, Bangka, Padang, Banjarmasin, Bulungan dan Tarakan. Sebelumnya ada 10 kota/kabupaten yang masuk dalam level 4 ini, selain keenam daerah itu, empat daerah lainnya antara lain Aceh Tamiang, Banjarbaru, Kutai Kartanegara dan Balikpapan.

Enam kabupaten/kota masih masuk dalam ketagori PPKM Level 4 karena masih belum mencapai target yang ditentukan atau testing masih relatif terbatas, atau ada sedikit kenaikan tingkat kasus positif (positivity rate). "Kita tetap menetapkan 6 kabupaten/kota di level 4, yakni Kabupaten Pidie, Bangka, Padang, Banjarmasin, Kabupaten Bulungan dan Tarakan," tegas Airlangga.

Sedangkan 44 kabupaten/kota masuk ke dalam level 3, meningkat dari sebelumnya 108 daerah, dan 292 kabupaten/kota diterapkan PPKM level 2 dari sebelumnya 249 daerah, serta 44 kabupaten/kota untuk PPKM level 1 dari sebelumnya 19 kabupaten/kota.

"Terkait pembatasan pada periode 5 - 18 Oktober, sama dengan periode sebelumnya pengendalian tatap muka sesuai SKB Mendikbud & Ristek," katanya. **

.

Categories:Nasional,
Tags:,