Hindari Lonjakan Corona, Waspadai Kedatangan Turis Asing

Hindari Lonjakan Corona, Waspadai Kedatangan Turis Asing

Jelang pembukaan Bandara Ngurah Rai Bali bagi wisatawan asing. (foto - ilustrasi)

Jakarta  -  Pembukaan  sektor  pariwisata  di  dalam  negeri  harus  dilakukan  secara  hati-hati,  terutama  bagi kedatangan para wisatawan asing. Seperti diketahui, pemerintah bakal segera membuka Bandara Ngurah Rai Bali bagi kedatangan wisatawan asing, pada 14 Oktober 2021 mendatang.

"Pembukaan kegiatan pariwisata utamanya pada wisatawan asing perlu dilakukan dengan prinsip kehati-hatian," juru bicara pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito lewat kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat 8 Oktober 2021.

Menurut Wiku, pintu masuk dari luar negeri memerlukan persiapan yang benar-benar matang. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan yang ketat di semua sektor pariwisata.

"Persiapan pintu masuk negara memerlukan persiapan matang. Dimulai dari proses skrining ketat pelaku perjalanan dan memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan ketat. Mulai dari transportasi, penginapan hingga objek wisata. Baik oleh wisatawan maupun oleh masyarakat lokal," katanya.

Oleh karena itu, Wiku meminta pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan pengawasan dalam pembukaan kegiatan pariwisata agar tidak menjadi klaster penularan Corona (Covid-19).

"Pemerintah daerah wajib mengendalikan dan mengawasi, jangan sampai pembukaan sektor pariwisata menyebabkan lonjakan kasus," tegas Wiku Adisasmito.

Ia mengingatkan kembali, protokol kesehatan justru harus lebih disiplin diterapkan mengingat kegiatan masyarakat seperti sudah mulai berjalan normal.

"Perlu pengawasan ketat pada pelaksanaan protokol kesehatan di setiap aktivitas masyarakat. Terutama pada kegiatan yang berpotensi meningkatkan penularan. Antara lain kegiatan keagamaan, wisata, kegiatan sosial serta ekonomi," katanya. **

.

Categories:Wisata,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait