Vaksin Covid-19 Terbukti Kurangi klaster Keluarga 97 Persen

Vaksin Covid-19 Terbukti Kurangi klaster Keluarga 97 Persen

Pakar Kesehatan, vaksin Covid-19 terbukti mengurangi klaster keluarga hingga 97 persen. (foto - ilustrasi)

Bandung  -  Vaksin  Corona  (Covid-19)  yang  terus digencarkan  saat ini  terbukti  menjadi  jalan  terbaik  untuk  mencegah seseorang menderita tingkat keparahan Covid-19. Kendati demikian, protokol kesehatan pun tidak boleh kendur jika ingin pandemi teratasi.

Dengan cakupan vaksinasi yang tinggi, diharapkan dapat segera tercipta herd immunity (kekebalan kelompok). Dengan demikian, risiko penularan Covid-19 di masyarakat dapat diminimalisir.

Menurut pakar kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19 dr. Muhamad Fajri Adda'i lewat akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai, yang dikutip Rabu 13 Oktober 2021 memberikan kabar baik mengenai fakta dan manfaat melakukan vaksinasi Covid-19.

"Vaksin Covid-19 bermanfaat mengurangi risiko Covid-19 di lingkungan keluarga atau di level keluarga. Kondisi itu berlaku ketika semakin banyak orang yang divaksin di keluarga tersebut," tegas dr. Fajri.

Menurut dr. Fajri, pernyataan tersebut didasarkan pada bukti yang sudah dipublikasikan dalam jurnal terbaik Jama yang melibatkan 1,7 juta penduduk Swedia. Jumlah tersebut kurang lebih 800 ribu keluarga.

"Dalam penelitian itu didapatkan, semakin banyak anggota keluarga yang divaksin risiko penularan Covid-19 di keluarga berkurang dari 45 bahkan sampai 97 persen. Vaksin yang digunakan di Swedia pada publikasi itu AstraZeneca, Pfizer dan Moderna," katanya. **

.

Categories:Nasional,
Tags:,