Mengintip Karya Komunitas "Belajar Menulis"

Mengintip Karya Komunitas

Hasil karya bale di belajar menulis (Bale)

Bandung- Bandung adalah kota yang penuh dengan komunitas yang unik. Salah satunya adalah komunitas Belajar Menulis yang awal mulanya dibentuk oleh Hendry yang berasal dari Jakarta. 
 
Komunitas Belajar Menulis ini mepopulerkan karyanya melalui Instagram, orang-orang yang saat ini bergabung di Belajar Menulis  adalah followers akun instagram Belajar Menulis dan berkat Insagram pula mereka bisa berkumpul bersama dan saling sharing akan karya masing-masing anggota.
 
Untuk Belajar Menulis yang ada di Kota Bandung mempunyai hari yang khusus untuk belajar menulis bersama yaitu hari Jumat sore.  Untuk tempat berkumpul saat ini kelompok belajar menulis ini berpindah-pindah tempat.
 
Arti dari Belajar Menulis  bukan menulis cerita, novel atau puisi, tetapi Belajar Menulis ini adalah menulis dengan desain yang berbeda. 
 
|"Menulis itu ada tiga yaitu kaligrafi biasanya menulis menggunakan brush pen lalu ada lettering yaitu menggambar huruf,  nah yang biasanya kita buat ini namanya lettering dan terakhir adalah tipografi di mana pengertian tipografi sendiri yaitu merangkai huruf yang sudah ada," tutur Hendry selaku admin belajar menulis se Indonesia pada CikalNews.com, di Bober Bandung, Senin (15/12/2014).
 
Tujuan membentuk komunitas Belajar Menulis ini awalnya Hendry bikin karya dari tahun 2012 di mana saat itu instagram baru mau booming. Saat ini memang banyak teman yang bertanya untuk apa belajar menulis padahal kan bisa menulis cuma pada saat ini Hendry hanya fokus kepada lettering. 
 
Hingga suatu saat Hendry bertemu dengan teman-teman yang mempunyai passion yang sama, saat itu juga Hendry menjadi stalker di grup dan terus mencari kontak utnuk teman-teman di Indonesia yang menyukai lettering. Hingga saat ini terbentuklah Belajar Menulis di beberapa kota di Indonesia di antaranya Jakarta, Bandung, Solo, Makassar, Papua,  dan Surakarta.
 
"Ternyata yang minat untuk belajar menulis nggak sedikit, bahkan di Indonesia itu pecinta leterring banyak sekali, di sini gue ingin nunjukin karya-karya anak Indonesia itu keren-keren," tutur Hendry menambahkan.
Di Bandung sendiri yang mengikuti belajar menulis setiap Jumat cukup banyak diantaranya yaitu  Eko, Aditya, Ikhsan, Willy, Ilham, Bale, Bang Hendry, Leo, Reza. Mereka belajar bersama , dan menunjukan bahwa di Indoenesia sendiri mempunyai karya yang keren-keren. Peminat dari lettering di Belajar Menulis ini tidak hanya anak-anak yang sekolah desain tetapi berbagai macam jurusan mengikuti komunitas ini, contohnya Eko yang ternyata guru matematika mempunyai passion di bidang design.
"Selain eko banyak juga anak-anak SMA bahkan kita di sini saling ngefans sama karya-karya temen-temen yang ada, di sini kita saling belajar saling berbagi ilmu dan kadang ada juga kafe-kafe yang mengajak kita untuk mengadakan workshop mengenai belajar menulis ini" umgkap  Hendry.
 
Harapan Hendry ke depannya desain itu lebih dihargai karena untuk menghasilkan karya dan untuk membuat karya itu tidak gampang, butuh waktu, pemikiran, konsep dan juga filosofi, warna.(Ode)**
.

Categories:Pendidikan,