Jokowi : Koalisi Tetap Terbuka Lebar

Jokowi : Koalisi Tetap Terbuka Lebar

Semarang - Sinyalemen bakal bergabungnya dua partai politik (parpol) anggota Koalisi Merah Putih, PPP dan PAN ke kubu Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK), terlihat di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di Marina Convention Center, Jumat (19/09/2014). Kedua parpol tersebut tampak mengutus wakilnya di acara Rakernas IV PDIP.

Rakernas IV PDIP memang dihadiri dua parpol Koalisi Merah Putih yakni PAN yang mengutus Waketum Drajad Wibowo dan Tjatur Sapto Edy. Sementara utusan PPP yang datang adalah Plt Ketum Emron Pangkapi dan Wasekjen Isa M.

"Ya mudah-mudahan, Insya Allah. Kalau Pak Drajad kan sudah wakil ketum, jadi tolong tanya ke dia. Sama Pak Emron juga begitu," kata Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri dalam jumpa pers usai pembukaan Rakernas.

Namun Mega menolak kerjasama ini disebut sebagai koalisi. Menurutnya sejak awal pencalonan Jokowi, tidak ada istilah koalisi bagi parpol pendukung. "Yang pertama kita tidak pernah mengatakan ada koalisi, yang ada adalah kebersamaan. Sama-sama kita bekerja untuk nusa dan bangsa. Dan seperti yang juga berulang kali Pak Jokowi katakan, bahwa tidak ada negosiasi dan sebagainya,” ujar Mega.Sementara itu, Presiden terpilih Jokowi  mengatakan dirinya bersama Jusuf Kalla dan parpol pengusung tetap membuka ruang koalisi dengan parpol lain. Namun koalisi ini harus didasari kesamaan ideologis. "Sejak awal kita sampaikan kita terbuka, gotong royong, kerjasama, tapi juga harus dilihat ini ada ideologinya. Kita memimpin ada ideologinya," tegasnya. (AY)

.

Categories:Politik,
Tags:politik,