Migas Sebaiknya Dikelola Perusahaan Lokal

Migas Sebaiknya Dikelola Perusahaan Lokal

Ilustrasi Foto.(Foto:Net)

Jakarta - Peneliti Center for Information and Development Studies Hilmi R Ibrahim mengatakan pemerintah perlu memperkuat kedaulatan energi dengan memberdayakan perusahaan dalam negeri dalam pencarian sumber-sumber migas baru.

"Memperkuat ekonomi Indonesia ke depan itu juga harus diartikan bahwa semua sumber daya yang memiliki ketergantungan besar pada impor harus mulai dikurangi," ujar Hilmi di Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Oleh karena itu, pemerintah perlu mendorong dan memperkuat potensi teknologi dan memberikan kesempatan kepada perusahaan dalam negeri untuk melakukan kegiatan survei dan pengeboran.

"Jangan sampai daya saing industri kita diletakkan pada kekuatan asing. Semangat ini yang harus dijadikan sebagai bagian dari Revolusi Mental," tambah Hilmi yang juga dosen Hubungan Internasional Universitas Nasional Jakarta itu.

Hingga saat ini, secara umum dari nilai kontrak survei dan pengeboran lebih banyak diraih oleh perusahaan asing, yaitu PT BGP Indonesia yang menggeser mayoritas PT Elnusa Tbk, sementara perusahaan lokal lainnya kesempatannya sangat kecil.

Padahal 95 persen tenaga ahli yang dipakai oleh PT BGP Indonesia adalah tenaga ahli Indonesia, yang didukung oleh kompetensi peralatan yang lebih besar dari lainnya.

"Seharusnya peran perusahaan lokal Indonesia bisa ditingkatkan dengan menambah jumlah peralatan serta mengalihkan seluruh tenaga ahli Indonesia yang saat ini bekerja pada perusahaan lain," lanjut dia.

Kepala Divisi Migas PT Sucofindo (Persero) Iqbal Akbar mengemukakan potensi sumber daya minyak dan gas bumi Indonesia masih cukup besar untuk dikembangkan, terutama di daerah-daerah terpencil, laut dalam, sumur-sumur tua , dan kawasan Timur Indonesia yang relatif belum dieksplorasi secara intensif.

 Masalahnya untuk melakukan survei dan pengeboran memerlukan teknologi tinggi dan mahal," kata Iqbal.

Untuk itu, lanjut Iqbal, pemerintah perlu mendorong pengelolaan migas di Indonesia yang lebih efesien, dengan memberikan kesempatan kepada perusahaan dalam negeri untuk terlibat dalam kegiatan eksplorasi.

Iqbal mendukukung upaya pemanfaatan teknologi yang berskala tinggi dengan menggunakan survei seismik.

"Sucofindo sebagai salah satu perusahaan survey siap memperkuat kegiatan survei seismik dalam membuktikan sumber cadangan migas baru," tukas dia. (AY)

.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,