Jadilah Konsumen Cerdas Hadapi Natal

Jadilah Konsumen Cerdas Hadapi Natal

Ilustrasi Foto(Net)

Manado - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jenny Karouw mengatakan jadilah konsumen cerdas dalam menghadapi perayaan Natal 25 Desember 2014 dan Tahun Baru 1 Januari 2015.

"Jadilah konsumen cerdas belanja sesuai kebutuhan dalam menghadapi Natal dan tahun baru," kata Jenny, di Manado, Sabtu (20/12/2014).

Jenny mengatakan teliti dan perhatikan baik-baik sebelum membeli barang, ingat harus berstandar nasional Indonesia, terpenting tanggal kadaluwarsanya harus diperhatikan.

"Masyarakat jangan terpengaruh dengan tawaran diskon berlebihan, harus teliti sebelum membeli, jangan sampai tanggal kadaluwarsanya sudah dekat," katanya.

Pemerintah daerah melalui Disperindag Sulut, katanya, akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar menjadi konsumen cerdas saat berbelanja, termasuk memenuhi kebutuhan jelang hari besar keagamaan.

Dia mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi peningkatan pemahaman masyarakat menuju konsumen cerdas.

Sosialisasi dan pengawasan, katanya, pada dasarnya bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait kesadaran masyarakat menuju konsumen cerdas.

"Kegiatan sosialisasi ini langsung kepada masyarakat agar mereka semakin paham menjadi konsumen cerdas, bagi setiap produk yang dijual di pasaran, apalagi saat ini terjadi peningkatan transaksi perdagangan," katanya.

Masyarakat, kata dia, diajarkan untuk bagaimana menyadari dan memilih produk yang sehat meskipun murah.

"Saya berharap, masyarakat semakin menyadari dan memilih produk yang berguna bagi kesehatan tubuh kita," katanya.

Pemerintah, katanya, akan terus memupuk konsumen, untuk memilih produk yang sehat dan mencintai produk dalam negeri.

Dia menjelaskan, konsumen juga dilindungi undang-undang. Jadi, konsumen layak melaporkan apabila mendapati produk bermasalah.

"Perlindungan konsumen ini, tertera pada UU Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen agar memenuhi unsur keselamatan, keamanan, serta lingkungan," jelasnya. (AY)

.

Categories:Gaya hidup,