Yogyakarta Targetkan 100 Ribu Wisatawan Akhir Tahun

Yogyakarta Targetkan 100 Ribu Wisatawan Akhir Tahun

Ilustrasi Foto(Net)

Bantul  - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan sekitar seratus ribu wisatawan yang berkunjung ke objek wisata pantai wilayah setempat saat perayaan menjelang pergantian tahun.

"Pada perayaan tahun baru paling tidak targetnya sekitar seratus ribu pengunjung, itu kalau cuaca normal, namun kalau kemudian hujan di wilayah utara (Yogyakarta) sekalipun, tentu akan menjadi masalah," kata Kepala Disbudpar Bantul, Bambang Legowo, Senin (22/12/2014).

Menurut dia, target tersebut merupakan pengunjung seluruh objek wisata pantai selatan Bantul mulai dari Parangtritis sampai Pandansimo terhitung sejak sore sehari menjelang pergantian tahun hingga keesokan harinya saat memasuki tahun 2015.

"Harapannya bisa mencapai seratus ribu pengunjung, syukur-syukur bisa lebih, karena berapapun jumlah pengunjung pantai di Bantul bisa menampung, terutama di Pantai Parangtritis itu pantainya sangat luas mulai dari Pantai Parangdok hingga Pantai Depok," katanya.

Dengan jumlah kunjungan wisatawan sekitar seratus ribu orang itu, kata dia setidaknya bisa memberikan kontribusi ke pendapatan asli daerah (PAD) sektor pariwisata dari penarikan retribusi pengujung sekitar Rp400 juta sampai Rp500 juta.

Sementara itu, kata dia untuk mengoptimalkan pelayanan kepada pengunjung yang akan merayakan pergantian tahun di Pantai Parangtritis, Dinas Budpar akan menyiapkan tempat pemungut retribusi (TPR) khusus untuk melayani pengunjung dengan kendaraan roda dua.

"Kalau sebelumnya (hari biasa) baik roda dua maupun roda empat di TPR Induk, namun saat tahun baru khusus untuk kendaran roda empat, sementara untuk roda dua kami layani di TPR Trembis (sisi selatan TPR Induk)," kata Bambang Legowo.

Ia mengatakan, untuk menambah semarak dalam perayaan malam tahun baru khususnya di Pantai Parangtritis, pihaknya juga menyiapkan sejumlah atraksi wisata di Joglo Parangtritis, bahkan atraksi tersebut sudah dijadwalkan sejak 7 Desember hingga 31 Desember 2014.

"Untuk saat ini mulai ramai karena sudah memasuki liburan sekolah, kalau target secara umum sejak dari sekarang hingga 4 Januari 2015 minimal bisa memperoleh PAD sekitar Rp1 miliar, atau sekitar 250 ribu sampai 300 ribu pengunjung," katanya.(Ode)**

.

Categories:Wisata,
Tags:wisata,