KPK Gandeng MK Berantas Korupsi

KPK Gandeng MK Berantas Korupsi

ilustrasi

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggandeng Mahkamah Konstitusi (MK), untuk bekerjasama dalam melancarkan pemberantasan korupsi.

Ketua MK, Hamdan Zoelva mengatakan, KPK akan menjaga agar MK benar-benar bersih dan bebas dari tindak pidana korupsi. "KPK dengan bidang tugasnya yang spesifik di bidang pemberantasan tindak pidana korupsi tentu memahami perilaku dan modus operandi korupsi di berbagai instansi, termasuk di Mahkamah Konstitusi," ujarnya di Gedung MK Jakarta, Selasa (23/12).
 
Menurutnya, kedua lembaga bisa saling bertukar narasumber atau materi, data dan informasi sesuai bidang tugasnya masing-masing. Misalnya, saat KPK menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk para pegawainya, KPK bisa mengundang narasumber dari MK guna memberikan materi tentang konstitusi yang berhubungan dengan korupsi. Begitu juga sebaliknya.

Kedua lembaga juga akan bertukar data untuk memperkuat sistem integritas nasional. Sistem ini akan memetakan titik-titik rawan gratifikasi di MK, serta dirancang langkah yang perlu dilakukan untuk mengendalikan gratifikasi. MK dan KPK juga dapat saling meminta dan memberikan data atau informasi yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan kewenangan kedua belah pihak dengan tetap menjaga independensi lembaga masing-masing. 

"MK akan sangat terbuka karena pemberantasan tindak pidana korupsi merupakan bagian penting dari agenda nasional di negara kita pada masa yang akan datang dan seterusnya." (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:kpk,