Waspadai Sebaran Uang Palsu di 4 Wilayah

Waspadai Sebaran Uang Palsu di 4 Wilayah

Waspadai Sebaran Uang Palsu menjelang Natal & Tahun Baru.(Foto:Net)

Jakarta - Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Dian Karmila menyebutkan, uang rupiah palsu yang ditemukan paling banyak tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Jawa barat, Jawa timur, Jawa tengah.
 
 Disebutkan, uang rupiah palsu di Indonesia pada akhir 2014 hanya tujuh lembar dari setiap 1 juta lembar.  Jumlah tersebut kecil jika dibandingkan dengan temuan uang palsu untuk dolar Amerika Serikat (AS), yang jumlahnya mencapai 100 lembar dari setiap 1 juta lembar yang diedarkan.
 
Sementara itu, untuk Euro sebanyak 43 lembar dari setiap 1 juta lembar dan poundsterling Inggris sebanyak 143 lembar dari per 1 juta lembar yang diedarkan. "Masyarakat harus bisa membedakan apakah itu uang palsu atau asli," kata Dian di Gedung BI Jakarta, Selasa (23/12).
Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk bisa membedakan uang asli atau tidak dengan praktek dilihat, diraba, diterawang atau yang sering disebut 3D. "Kami telah memberikan ciri-ciri khusus atau sering dikenal dengan unsur pengaman. Oleh karena itu, kita harus mengenali ciri-ciri itu," tandasnya.  (Jr.)**
.

Categories:Nasional,