2 Hari Lagi, Kebijakan Baru BBM Diumumkan

2 Hari Lagi, Kebijakan Baru BBM Diumumkan

Menteri Koordinator Perekonomian, Sofyan Djalil mengatakan pemerintah tengah melakukan finalisasi rencana kebijakan baru(Foto:Net)

Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian, Sofyan Djalil mengatakan pemerintah tengah melakukan finalisasi rencana kebijakan baru, terkait mekanisme pemberian subsidi untuk bahan bakar minyak (BBM). Kebijakan baru tersebut akan diumumkan tepat pada 31 Desember 2014 atau dua hari ke depan.
"Masih ada 2 hari lagi menjelang akhir tahun. Pokoknya awal tahun baru akan ada kebijakan baru. Lewat kebijakan ini, harga Premium dan Solar dalam negeri akan bergerak mengikuti harga minyak dunia serta nilai tukar rupiah," kata Sofyan di Kantornya, Jakarta, Senin (29/12).
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo bakal mengumumkan kebijakan terbaru mengenai kebijakan subsidi BBM. Kenaikan harga Rp 2.000 per liter untuk Premium dan Solar beberapa waktu lalu, masih harus diubah karena adanya perubahan eksternal.

"Karena ada perubahan kondisi eksternal, pemerintah akan mengumumkan kebijakan harga BBM pada akhir tahun," tegas Sofyan.
Namun demikian, Sofyan tidak menjelaskan perubahan kondisi eksternal yang dimaksud. Hanya saja dalam APBN 2015, harga minyak dipatok pada asumsi angka 105 dolar AS per barel. Sementara, saat ini harga minyak dunia anjlok pada posisi di bawah 60 dolar AS per barel.
Sementara itu, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro yang mendampingi Menko Perekonomian Sofyan Djalil menambahkan, kebijakan baru soal harga BBM itu akan diumumkan sebelum tanggal 1 Januari 2015.
"Tadi Pak Menko sudah mengumumkan, minggu depan Menteri ESDM akan mengumumkan kebijakan baru terkait BBM bersubsidi. Itu saja dulu informasi yang bisa dishare. Minggu depan sebelum tanggal satu," kata Menkeu. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:bbm,