Jumlah PKL di Kota Bandung Menurun

Jumlah PKL di Kota Bandung Menurun

satpol pp Kota Bandung gelar operasi pkl di kawasan Jalan Riau Kota Bandung, Senin (29/12/2014) (Foto: TrisDodi)

Bandung - Jumlah PKL di Kota Bandung mengalami penurunan tahun ini. Pasalnya 30 kecamatan yang tersebar di Kota Bandung ikut melakukan penertiban terhadap PKL di wilayahnya masing masing.
 
Hal tersebut diungkapkan Kasi Penyidik PNS Satpol PP Kota Bandung, Ahmad Fauzan kepada CikalNews.com saat ditemui di Mako Satpol PP Kota Bandung, Jalan RE Martanegara, Senin sore (29/12/2014).
 
"Pihak Kecamatan sudah mulai ada gerakan dari 30 Kecamatan, melakukan action penertiban PKL di wilayahnya, jadi bisa dikatakan berkurang sesuai posisi Perda No. 4 tahun 2011," tegas Fauzan.
 
Dirinya menjelaskan sesuai aturan Perda tersebut selain ditertibkan, PKL tersebut ditata sedemikian rupa. Adapun aturannya ada zona-zona larangan bagi PKL. Zona merah tidak boleh ada aktivitas perdagangan di  jalan nasional, provinsi, sekolahan, tempat ibadah, kantor-kantor dinas, dan rumah dinas pejabat.
 
Zona Kuning bisa ada aktivitas perdagangan, namun  disesuaikan waktu dan medianya. Maksudnya tidak bisa permanen, waktunya diatur, dan jenis dagangan diatur.  Zona hijau merupakan zona bebas PKL seperti  pasar tumpah, namun tetap ada waktunya.
 
"Bila ada PKL yang tidak sesuai dengan perda  ini jelas akan  tertibkan dan ditata, di sini pihak kecamatan yang akan berperan aktif. Namun memang hingga saat ini penertiban dan penataan tidak berjalan mulus, karena PKL yang membandel," ungkapnya.
 
Ia memberi contoh seperti wilayah Kecamatan Bandung Wetan, yang saat ini tengah dilakukan operasi PKL bekerjasama dengan Satpol PP Bandung. Untuk PKL yang biasa berjualan di daerah Jalan Riau harus ditertibkan, selanjutnya pihak kecamatan akan berupaya melakukan negosiasi dengan para pengusaha di daerah tersebut untuk mengakomodir PKL.
 
"Contoh Jalan Riau, karena trotoar sedang dibangun marmer, Kecamatan Bandung Wetan harus bisa merangkul para pengusaha untuk mengakomodir para PKL. Ini sebagai bentuk kecamatan membenahi mengubah status PKL ini tidak menjadi pelanggar," paparnya.
 
Mengenai operasi PKL yang dilaksanakan pihak Satpol PP, dirinya mengakui, hingga tahun ini masih belum mencapai target, namun pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin.
 
"Selama satu tahun ini, Satpol PP Kota Bandung, sudah maksimal dalam menggelar operasi PKL. Tapi kami tidak menutup mata hasil tersebut   belum mencapai target, ini akan menjadi bahan evaluasi kami untuk tahun yang akan datang," tutupnya. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,