Ratusan Ribu Warga AS Demo Perubahan Iklim

Ratusan Ribu Warga AS Demo Perubahan Iklim

Aksi Demonstran New York Berlangsung Damai (Foto: Net)

New York – Sedikitnya 310 ribu warga Amerika Serikat (AS) menggelar aksi demo dengan berjalan kaki di Kota Mew York memperingati Hari Perubahan Iklim Sedunia. Aksi ini juga dilakukan warga lainnya di seluruh dunia. Tampak pula mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Al Gore serta selebriti dan politisi ikut turun ke jalan. Turut hadir Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Menteri Ekologi Prancis Segolene Royal, dan ahli primata Jane Goodall.

Selain di New York, aksi serupa juga terjadi di Manhattan.  Diperkirakan jumlah warga yang menggelar aksi demo di kota ini, sama dengan  di New York yaitu mencapai 310 ribu orang yang ikut berunjuk rasa. Warga Manhattan berdemonstrasi secara damai dengan membunyikan suara terompet, drum, dan mengenakan kostum warna-warni. 

"Jumlah peserta (aksi) mengalahkan ekspektasi kami. Perubahan iklim bukan sebuah isu hijau lagi, tapi isu semua orang," kata Ricken Patel, direktur eksekutif kelompok aktivis Avaaz yang dikutip Reuters, Senin (22/09/2014).

Pada kesempatan itu, Ban menyerukan kepada semua orang agar menyadari bahaya perubahan iklim. "Ini merupakan planet yang akan dihuni oleh generasi selanjutnya. Tidak ada rencana cadangan, karena kita tidak memiliki planet cadangan untuk ditinggali," tegas Ban. (AY)

.

Categories:Internasional,