Gunung Soputan Masih Siaga

Gunung Soputan Masih Siaga

Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara masih berstatus siaga.(Foto Ilustrasi:net)

Manado - Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara masih berstatus siaga pada level III pascaletusan pada Selasa (6/1/2015) pukul 02.47 WITA.
 
"Jadi tidak ada peningkatan status pascaletusan sehari sebelumnya. Statusnya masih siaga," kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdaloops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulut, Christian Laotongan di Manado, Rabu (7/1/2015).
 
Christian mengatakan setelah letusan, aktivitas vulkaniknya terus menurun. Meskipun demikian, warga diharapkan tidak memasuki radius bahaya letusan yang ditetapkan yaitu 6,5 kilometer dari kawah.
 
"Karena statusnya masih siaga berarti masih sangat berbahaya melakukan aktivitas di radius bahaya yang ditentukan. Bisa saja terjadi letusan tiba-tiba dan membahayakan keselamatan warga," ujarnya.
 
Memang kata dia, jarak antara permukiman warga dengan Gunung Soputan berada di atas radius bahaya yang ditetapkan sehingga relatif lebih aman dari ancaman luncuran lava.
 
"Ada luncuran lava ke arah lereng bagian barat daya sejauh dua ribu meter tapi masih jauh dari permukiman penduduk. Kami sangat berharap warga tidak menerobos radius bahaya yang direkomendasikan," katanya.
 
Pascaletusan kata dia, Pemerintah Provinsi Sulut melalui dinas kesehatan telah membagikan masker karena sebagian permukiman sekitar gunung terdampak hujan debu vulkanik.
 
"Kami terus melakukan koordinasi dengan pos pemantau Gunung Api Soputan sehingga mendapatkan informasi terkini mengenai kondisi gunung pascaletusan," ujarnya.
 
Sehari sebelumnya, Gunung Soputan meletus dan memuntahkan material debu vulkanik setinggi 6.500 meter dan guguran lava. Aktivitas warga pascaletusan berlangsung normal. (AY)
.

Categories:Nasional,
Tags:bencana,