Lembur Batik Cimahi Tarik Wisatawan

Lembur Batik Cimahi Tarik Wisatawan

Lembur Batik Cimahi.(Foto:Dadan .R)

Cimahi - Berawal dari cita-cita untuk menjadikan Cimahi sebagai destinasi wisata, Triwanto wardi bersama Hj. Ria triwanto mendirikan Lembur Batik. Galeri batik yang berada di Jalan Pasantren No. 131 Cibabat, Cimahi ini, menawarkan konsep wisata belanja dan edukasi.
 
“Kita ingin membuat Cimahi sebagai salah satu tujuan wisata, karena bisanya membatik, kita berusaha dan berinovasi untuk memperkenalkan kota Cimahi dengan batik produksi sendiri,” tutur Triwanto wardi, saat berbincang dengan Cikalnews, Selasa (6/1/2015) di Lembur Batik.
 
Meski Cimahi bukan kota batik seperti Solo, Yogyakarta, Pekalongan, Cirebon, dan Garut, namun Lembur batik berinovasi dengan membuat motif batik yang bisa jadi ciri khas Kota Cimahi. Seperti motif bambu, daun singkong, curug, Cireundeu dan motif kujang.
 
Berkat dukungan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Cimahi dan kesepakatan para sesepuh Kota Cimahi, motif batik hasil kreasi dari Lembur Batik dipatenkan sebagai motif khas Cimahi.
 
Sejak berdiri tahun 2009, Lembur batik giat melakukan kerjasama dengan berbagai instansi untuk mengadakan pelatihan enterpreneurship, dan memberikan pelajaran membatik sebagai wujud program edukasi. Selain berbelanja pengunjung bisa belajar tahap-tahap proses pembuatan batik , mulai dari awal sampai kain batik siap pakai.
 
“Di Lembur Batik kita tidak hanya sebatas menjual produk-produk batik saja, tapi kita sering bekerja sama dengan balai-balai pelatihan untuk mengadakan gathering tentang enterpreneurship dan belajar membatik. Mereka yang ikut mulai dari instansi pendidikan, instansi pemerintah, dan juga perusahaan-perusahaan swasta dan dari berbagai kalangan usia,” papar Triwanto Wardi. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,