Mantan Bupati Bogor Terancam 20 Tahun

Mantan Bupati Bogor Terancam 20 Tahun

Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar. (Foto: Net)

Bandung - Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar, terkait kasus suap sebesar Rp 4,5 miliar dalam tukar menukar kawasan hutan atas nama PT Bukit Jonggol Asri yang dituduh kepadanya.

Demikian hal yang terungkap dalam siding perdananya di Pengadilan Tipikor Bandung, Jl. R.E Martadinata, Kamis (25/09/14), yang dimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Nurhakim di Ruang Sidang I.

Dalam kasus ini, Rachmat Yasin sudah ditetapkan sebagai terdakwa dan Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendakwanya dengan Pasal 12 (a) dan Pasal 11 UU No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001.

Dalam dakwaannya, jaksa menyebut Rachmat Yasin telah menerima Rp 4,5 miliar dari Rp 5 miliar yang dijanjikan. Di antaranya Rp 1,5 miliar diberikan melalui Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor, HM. Zairin. Menurut jaksa KPK Lie putra Setiawan, uang tersebut diberikan sebagai uang pelicin supaya bupati Bogor Rachmat Yasin menerbitkan surat nomor 522/624/-Distanhut, perihal rekomendasi tukar menukar kawasan hutan atas nama PT. Bukit Jonggol Asri kepada Menteri Kehutanan RI.

Ia mengatakan, Rachmat Yasin sebagai pegawai negeri atau penyelenggara negara terbukti menerima uang sebesar Rp 4,5 miliar dari FX Yohan YAP alias Yohan. Sebelumnya, Yohan telah divonis majelis hakim selama 18 bulan pada sidang Rabu (24/09/2014). (AY)

.

Categories:Politik,