Minat Baca Warga Cimahi Masih Rendah

Minat Baca Warga Cimahi Masih Rendah

Perpustakaan Kota Cimahi

Cimahi- Rendahnya minat baca warga Kota Cimahi masih menjadi pekerjaan rumah bagi Perpustakaan Umum Kota Cimahi. Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengelolaan Data Elektronik Kota Cimahi, Chanifah Listyarini saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/1/2015).
 
“ Banyak faktor yang mempengaruhi minta baca masyarakat, salah satunya sarana-prasarana dan motifasi, oleh karena itu keberadaan Perpustakaan Umum Kota Cimahi sudah bisa menjawab perihal ketersediaan sarana-prasarana,” tutur Chanifah Listyarini kepada CikalNews.com.
 
Untuk mensiasati masih terbatasnya bahan bacaan yang tersedia, Perpustakaan Umum Cimahi menyediakan fasilitas e-library yang bisa diakses oleh Anggota Perpustakaan.
 
“ Terkendala tempat dan ketersediaan buku-buku, Perpustakaan Umum Kota Cimahi dilengkapi dengan fasilitas e-library yang bisa diakses oleh warga Cimahi yang telah terdaftar sebagai Anggota Perpustakaan,” imbuh Chanifah Listyarini.
 
Sedangkan untuk meningkatkan motivasi membaca, Perpustakaan Umum Kota Cimahi membuat program Cimahi Reading Habit (CRH) untuk menumbuhkan budaya membaca sejak dini.
 
“ Yang jadi sasaran utama untuk program ini adalah anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah dasar, karena menurut ilmu perilaku, untuk menanamkan satu kebiasaan perlu waktu yang lama. Karena itu usia sekolah dasar adalah waktu yang ideal untuk menumbuhkan minat baca, “ paparnya.

 

Chanifah Listyrini juga mengatakan bahwa keberhasilan program Cimahi Reading Habit ini sangat bergantung pada sinergitas antara Perpustakaan Umum Kota Cimahi dengan instansi-instansi pendidikan.(Ode)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,