Cermati Apa Kebutuhan Warga

Cermati Apa Kebutuhan Warga

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Aktivitas Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa tidak sekedar mengenal sosial budaya masyarakat di pedesaan, tapi juga harus mencermati dan memastikan kebijakan yang dibutuhkan oleh warga, kata Rektor Unpad Prof. Dr. Ganjar Kurnia di Bandung, Jumat (9/1/2015).
 
"Melalui KKN diharapkan para mahasiswa yang ke depan akan menjadi penentu kebijakan tahu persis kebijakan apa yang dibutuhkan oleh warga di pedesaan, sehingga setelah mereka menjadi pengambil kebijakan bisa mengaplikasikannya," kata Ganjar Kurnia.
 
Menurut dia, mahasiswa sebagai insan intelektual harus belajar di masyarakat. Tidak hanya di daerah asal masing-masing tapi juga di daerah lain yang belum pernah dikenalnya sama sekali.
 
Pada awal 2015, sebanyak 3867 mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang digelar secara serempak.
 
"Belajar saja mungkin sudah cukup. Tapi dengan tinggal di sana hanya satu bulan banyak pelajaran hidup yang diperoleh, sementara masyarakat di sana sudah hidup selama bertahun-tahun," katanya.
 
Meski hanya satu bulan, KKN itu menjadi momentum mahasiswa untuk lebih memperhatikan masyarakat di sekitarnya.
 
Menurut Rektor Unpad, dengan menekankan analogi belajar dari masyarakat, selama sebulan mahasiswa akan melihat bagaimana kondisi nyata masyarakat desa yang ditempatinya.
 
"Selain bisa kenal lebih dekat dengan masyarakat dan budaya dan etnisnya, juga bisa berkontribusi langsung ke masyarakat" kata Ikhwan (21), mahasiswa Fakultas Keperawatan Unpad .
 
Pengenalan budaya oleh generasi muda dinilai penting oleh Sobat Budaya, dengan melakukan pendataan budaya di www.budaya-indonesia.org agar budaya tidak diklaim dan punah kembali.
 
"Mahasiswa yang KKN diharap tidak hanya melihat permainan khas, arsitektur bangunan daerah, ritual dan yang lainnya, selain berkontribusi pada daerah juga pada Indonesia dengan cara mendata dan memasukkan ke web kami agar bisa dihak paten dan tidak diklaim lagi," kata Gerry Sandy (21), aktivis Sobat Budaya.
 
Sementara itu pelaksanaan KKN mahasiswa Unpad 2015 disebar ke tujuh Kabupaten di Jawa Barat yakni Tasikmalaya, Pangandaran, Ciamis, Garut, Indramayu, Bandung dan Subang. (AY)
.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,