Kemilau Nusantara Ganti Nama

Kemilau Nusantara Ganti Nama

Kemilau Nusantara menampilkan beberapa atraksi kesenian dan kebudayaan Jawa Barat (Foto : ADE)

Bandung – Acara rutin Kemilau Nusantara yang bisasa digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat, ke depan akan diganti namanya. Hal ini dilakukan karena even tersebut tidak relevan dengan kegiatan aslinya. Pada awalnya Kemilau Nusantara memang diikuti semua provinsi yang ada di Indonesia, namun lambat laut keikutsertaan mulai berkurang hanya beberapa provinsi saja.


Menurut Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, nama Kemilau Nusantara awalnya memang diberikan pemerintah pusat untuk pergelaran acara seni dan budaya di Provinsi Jawa Barat.


“Tetapi pada kenyataannya, nama Kemilau Nusantara itu tidak sesuai dengan konten yang diselenggarakan. Tidak semua peserta dari Nusantara ikut acara ini, jadi namanya kurang pas,” kata Deddy Mizwar di Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Jumat (16/01/2015).


Saat ini Pemprov Jabar sedang mencari nama untuk mengganti Kemilau Nusantara. Awalnya acara ini memang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI untuk memperkenalkan Jawa Barat, namun terhenti dan dilanjutkan oleh Disparbud Jawa Barat dengan nama yang sama.


“Karena ada masalah nomenklatur, nama Kemilau Nusantara akan kita ganti. Kita rubah saja namanya, dan kegiatannya kita evaluasi agar lebih meriah lagi,” seru Demiz panggilan akrab Deddy Mizwar.


Kemilau Nusantara saat ini kebanyakan hanya menampilkan kesenian dan budaya asli kota/kabupaten di Jawa Barat, dan beberapa provinsi tetanggga seperti Jawa Tengah, DKI, Banten, Lampung, dan bukan seluruh provinsi di Indonesia. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,