Tambah Taman Tambah juga Biaya Perawatan

Tambah Taman Tambah juga Biaya Perawatan

Taman Balai Kota Bandung yang luas memerlukan biaya perawatan yang tidak sedikit. (Foto : Ade)

Bandung – Seiring bertambahnya jumlah taman tematik di Kota Bandung, maka anggaran biaya perawatan taman pun setiap tahunnya meningkat. Di tahun 2015 beban perawatan taman di Kota Bandung diprediksi mengalami kenaikan karena jumlah taman tematik bertambah, di samping itu Kota Bandung akan mempunyai 52 Taman RW untuk tempat berkumpul warga.

 

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung, Arief Prasetya, dana dari APBD Kota Bandung tahun 2015 untuk Dinas Pertamanan dan Pemakaman ini naik cukup signifikan.

 

“Dana di tahun ini mencapai Rp 113 miliar, padahal tahun 2014 lalu dana di dinas ini hanya Rp 61 milyar, kenaikan dana yang cukup besar itu diposkan untuk biaya perawatan taman dan penambahan taman tematik baru. Dinas ini juga mendapat bantuan dari Provinsi sebesar Rp 81 miliar,” aku Arief Prasetya di Plaza Balaikota Bandung, Jl. Wastukancana, Jumat (16/01/2015).

 

Arief menjelaskan, anggaran untuk perawatan taman tematik terbesar yaitu pada taman tematik Taman Film, dan Taman Alun-alun Bandung.

 

“Taman Film butuh dana besar karena digunakan untuk biaya perawatan peralatan layar, proyektor, dan instalasi listrik, serta rumput sintetis. Begitu juga di Taman Alun-Alun, biaya perawatan rumput sintetisnya cukup lumayan,” jelasnya.

 

Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung dalam setahunnya biasa menyerap anggaran hingga Rp 70 miliar, namun dalam tahun ini diprediksi akan mengalami kenaikan, karena biaya perawatan taman akan melonjak.  (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,