Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Ilustrasi Foto.(Foto:Net)

Bandung - Pisang merupakan salah satu buah yang digemari oleh semua lapisan masyarakat dari berbagai usia. Mudah didapatkan, harganya yang relatif terjangkau, dan sangat cocok dijadikan makanan pencuci mulut  menjadi alasan mengapa buah pisang banyak dihidangkan ke dalam menu harian. 

Ada banyak sekali manfaat dan khasiat yang didapatkan untuk kesehatan tubuh ketika kita mengonsumsi buah pisang. Beberapa khasiat mungkin tak pernah Anda duga sebelumnya.

Menurut Ibu Anin sebagai salah seorang nara sumber diperkumpulan senam di Gasmin Antapan Bandung, Gubernur DKI, Basuki Cahya Purnama alias Ahok hampir tak pernah pisah dengan buah pisang. "Di dalam mobilnya (Ahok), selalu tersedia pisang, sehingga kapanpun ia mau, langsung bisa menyantabnya. Ini karena Ahok sangat tahu betapa banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buah pisang," ujar Bu Anin.

Berikut adalah beberapa hasiat pisang, diantaranya:

  1. Menurunkan berat badan secara alami. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan, rutin mengonsumsi buah ini dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, jumlah kalori yang terkandung di dalam buah pisang relatif kecil.
  2. Menyeimbangkan jumlah cairan di dalam tubuh. Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang cukup untuk menunjang semua kinerja organ dalam tubuh. Oleh karena itu, kandungan kalium pada pisang sangat penting untuk membantu menyeimbangkan jumlah cairan di dalam tubuh tersebut.
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda mudah terserang penyakit seperti flu, batuk, dan lainnya, mulailah mengonsumsi pisang secara rutin. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Menyehatkan tulang. Mengonsumsi buah pisang secara rutin juga dapat membantu menyehatkan tulang Anda. Hal ini dikarenakan, pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.
  5. Meningkatkan energi yang dibutuhkan tubuh secara instan. Saat aktivitas harian meningkat, konsumsilah buah pisang. Hal ini bertujuan agar tubuh tidak cepat lelah ketika Anda memiliki pekerjaan atau aktivitas harian yang padat.
  6. Memperlancar sistem pencernaan pada tubuh. Mengonsumsi pisang secara rutin dapat membantu kinerja sistem pencernaan dengan lebih baik lagi. Sehingga berbagai nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi dapat diserap dan digunakan oleh tubuh secara optimal.
  7. Obat sembelit alami. Buah pisang dapat membantu memperlancar buang air besar. Maka dari itu, konsumsilah buah pisang untuk menghindari mengerasnya feses sebagai gejala awal sembelit.
  8. Memanjakan mulut tanpa merusak diet harian Anda. Meskipun rasanya manis, pisang memiliki jumlah kalori yang tidak terlalu tinggi. Rata-rata buah pisang hanya mengandung 110 kalori.
  9. Mengurangi pembengkakan, melindungi dari risiko diabetes tipe II, menurunkan berat badan, memperkuat sistem saraf, serta membantu produksi sel darah putih. Semua ini dikarenakan tingginya kadar vitamin B-6 pada pisang.

       Sebenarnya masih banyak sekali manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, mulailah untuk mengonsumsi buah pisang secara rutin untuk menjaga kesehatan, terutama organ dalam tubuh. Selamat mencoba. (Ode)**

.

Categories:Gaya hidup,
Tags:gaya-hidup,