Perhatikan Penyebaran Dokter dan Tenaga Medis

Perhatikan Penyebaran Dokter dan Tenaga Medis

Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf saat menghadirin peresmian Rumah Sakit Internasional. (Foto : ADE)

Bandung – Selain jumlah rumah sakit, Pemprov Jawa Barat menekankan Dinas Kesehatan Jawa Barat untuk memperhatikan penyebaran dokter dan tenaga medis yang harus merata dan tersebar di seluruh kota/kabupaten. Saat ini kendala kesehatan di Jawa Barat yaitu kurang meratanya penyebaran dokter dan tenaga medis.
 
Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, idealnya kesehatan masyarakat akan terwujud jika jumlah dokter dan tenaga medis sebanding dengan jumlah penduduk kota/kabupaten.
 
“Jika kota/kabupaten yang populasinya tinggi seperti di Bekasi atau Bandung, maka jumlah dokter, dan tenaga medisnya harus seimbang. Jumlah rumah sakit tidak bisa menjadi patokan khusus untuk idealnya suatu provinsi, kota/kabupaten, yang penting tenaga medis dan dokter,” jelas Ahmad Heryawan usai peresmian rumah sakit internasional di Jl. Kopo, Kota Bandung, Sabtu (17/01/2014).
 
Sementara itu, Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf juga menekankan kepada pemerintah, agar meningkatkan jumlah bidan di setiap provinsi, kota/kabupaten. Jumlah bidan saat ini terbilang masih berkurang seperti di Jawa Barat.
 
“Selain dokter dan tenaga medis jumlah bidan perlu ditambah, apalagi di daerah terpencil. Di Jawa Barat saja masih ada beberapa daerah dipinggiran yang masih kekurangan bidan,” ungkap Dede Yusuf.
 
Jika jumlah dokter, tenaga medis, dan bidan setiap tahunnya bertambah, otomatis peningkatan kesehatan masyarakat Jawa Barat pun akan terus membaik. Selain bidang SDM kesehatan, fasilitas dan teknologi kesehatan pun perlu ditingkatkan demi kesehatan masyarakat.(AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,