Bank Sentral Jerman Pulangkan Cadangan Emas

Bank Sentral Jerman Pulangkan Cadangan Emas

Ilustrasi.(Foto:Net)

Frankfurt - Bank sentral Jerman atau Bundesbank pada Selasa (20/1/2015) mengatakan bahwa ia telah meningkatkan pemulangan cadangan emasnya dari penyimpanan di luar negeri tahun lalu.
 
"Bundesbank berhasil melanjutkan dan meningkatkan transfer emasnya," kata bank sentral dalam sebuah pernyataan.
 
"Pada 2014, 120 ton emas dipindahkan ke Frankfurt dari lokasi penyimpanan di luar negeri, yaitu 35 ton dari Paris dan 85 ton dari New York ".
 
Cadangan emas Jerman adalah yang terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat dan mencapai 3.384,2 ton pada bulan ini, menurut data terbaru yang dikumpulkan oleh Dewan Emas Dunia (WGC).
 
Selama beberapa dekade kepemilikan emas Bundesbank telah disimpan dalam kas bank-bank sentral lain -- di Paris, London dan New York.
 
Menurut data bank sentral Jerman sendiri, 1.447 ton disimpan di Federal Reserve Bank di New York, 438 ton di Bank of England di London dan 307 ton di Banque de France di Paris.
 
Ada alasan historis untuk ini.
 
Setelah Perang Dunia II dan kebangkitan ekspor dari "keajaiban ekonomi" Jerman Barat pada 1950-an, bank sentral mengakumulasi dolarnya ditukarkan dengan emas di Federal Reserve.
 
Dengan Jerman terpecah antara Jerman Barat kapitalis dan negara komunis Jerman Timur hingga 1990, penyimpanan sebagian besar emas di luar negeri adalah cara untuk tetap menjaganya dari jangkauan Soviet selama Perang Dingin.
 
Tetapi melonjaknya ketidakpercayaan euro selama krisis utang Eropa mendorong kampanye untuk membawa pulang cadangan emas Jerman dari New York dan London, dengan beberapa partai politik memicu ketakutan emas mungkin telah rusak.
 
Di bawah rencana penyimpanan emas baru Bundesbank pada 2013, bank sentral memutuskan untuk membawa kembali 674 ton emas dari luar negeri hingga 2020 dan menyimpan setengah dari emasnya dalam brankasnya sendiri.
 
"Pelaksanaan rencana penyimpanan emas baru kami berjalan lancar. Operasi berjalan sangat sesuai jadwal," kata anggota dewan eksekutif Bundesbank, Carl-Ludwig Thiele.
 
"Kami juga meminta pakar dari Bank for International Settlements untuk pemeriksaan di tempat yang harus dilakukan. Seperti yang diharapkan, tidak ada penyimpangan," kata Thiele.
 
Sejak transfer dimulai pada 2013, Bundesbank mengatakan telah memindahkan sebanyak 157 ton emas ke Frankfurt -- 67 ton dari Paris dan 90 ton dari New York. (AY)
.

Categories:Ekonomi,
Tags:ekonomi,