PT KA Kembali Operasikan "Kereta Api Bonbon"

PT KA Kembali Operasikan

PT KA Kembali Operasikan "Kereta Api Bonbon" (Foto: Net)

Bandung - PT Kereta Api Indonesia berencana untuk mengoperasikan kembali kereta rel listrik pertama di Indonesia, yang dikenal "KA Bonbon" di jalur wisata Jakarta Kota - Ancol - Tanjung Priok. "Kereta rel listrik pertama yang dikenal KA Bonbon sudah direstorasi, sudah bisa hidup. Rencananya akan dioperasikan lagi di jalur wisata Jakarta Kota - Ancol - Tanjung Priok," kata Executive Vice President Heritage, Conservation & Architecture Design PT Kereta Api Indonesia (Persero) Ella Ubaidi pada HUT ke-69 KA di Bandung, Minggu (28/9/2014). 

Menurut Ella, sebelumnya KA rel listrik pertama di Indonesia itu tidak dioperasikan lagi dan selama ini tersimpan di Balai Yasa Manggarai. Namun KA Bonbon masih harus menunggu perizinan dan kelaikan jalan dari otoritas terkait, sebelum kembali beroperasi. "Karena kondisinya sudah tua, maka akan melayani di jalur Kota Tua Jakarta, bila dioperasikan ke jalur KRL Bogor tentunya harus didorong oleh KRL di belakanngya," katanya. 

Nantinya, KA Bonbon itu akan dinamai Kereta Jokotob. KA tersebut akan menjadi sarana angkutan wisata ke oyek wisata kota tua dekat Stasiun Jakarta Kota, kawasan Ancol dan Pelabuhan Tanjung Priok. "Kami dari Heritage PTKA akan berusaha untuk merestorasi sejumlah lokomotif lainnya. Termasuk salah satunya lokomotif uap B5112 yang sudah hidup dan beroperasi kembali. Lokomotif uap itu akan dioperasikan di jalur heritage di Solo," katanya. 

Khusus untuk restorasi lokomotif uap, PTKA akan bekerja sama dengan Belanda yang akan memberikan pengetahuan terkait teknis lokomotif uap yang akan direstorasi. "Pihak Belanda sudah setuju untuk bekerja sama dalam restorasi lokomotif uap, mereka punya detail teknis dari lokomotif buatan mereka dan memberi pengetahuan bagi pelaksana restorasi KA uap di Indonesia," tambah Ella Ubaidi. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,