2014, Toyota Capai Penjualan Tertinggi

2014, Toyota Capai Penjualan Tertinggi

Ilustrasi.(Foto:Net)

Tokyo - Toyota mengungkapkan telah menjual 10.230.000 kendaraan pada 2014, yang berarti merupakan perusahaan otomotif dengan penjualan terbesar.

Seperti dikutip dari AFP, penjualan itu mengalahkan Volkswagen yang menjual 10.140.000 kendaraan, maupun General Motors yang berhasil menjual 9,92 juta mobil tahun lalu.

Toyota memperkirakan penjualan tahun ini akan turun menjadi 10,15 juta kendaraan. 

AFP menulis, tahun ini Volkswagen berpeluang meraih posisi teratas tingkat penjualan karena mendapatkan momentum dari negara-negara sedang membangun.

Toyota tahun 2008 merebut posisi perusahaan otomotif teratas dari GM yang sudah bercokol di posisi itu selama beberapa dasawarsa.

Namun, tiga tahun setelah berada di posisi pertama, Toyota turun peringkat seiring terjadinya bencana tsunami di Jepang yang memporakporandakan pabrik otomotif maupun pabrik pemasok komponen.

Pada tahun 2012 Toyota kembali merebut posisi teratas dari GM, produsen merek Chevrolet dan Cadillac. Toyota memperkirakan pasar mereka akan turun di beberapa pasar utama Asia termasuk Indonesia dan Thailand.

Perusahaan Jepang itu memutuskan untuk membekukan pembangunan pabrik-pabrik baru hingga awal 2016. Petinggi Toyota di pameran mobil Detroit, Amerika Serikat bulan ini mengatakan  mereka lebih menekankan kualitas penjualan dibandingkan volume. (Jr.)**

.

Categories:Otomotif,
Tags:otomotif,